Cerita Keluarga Bermata Biru di Sungayang Tanah Datar

Tiga generasi (ibu, anak dan cucu) bermata biru, tinggal di Kecamatan Sungayang Tanah Datar
Tiga generasi (ibu, anak dan cucu) bermata biru, tinggal di Kecamatan Sungayang Tanah Datar (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Sudah tiga keturunan atau generasi, keluarga di Kecamatan Sungayang , Kabupaten Tanah Datar ini bermata biru .

"Mata biru ini turunan dari ibu saya," ucap Tuti Fariani di Jorong Galanggang Tangah, Nagari Sungayang , Selasa 7 Oktober 2020.

baca juga: Hari Ini, 11 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, Meninggal 1 Orang

Perempuan berusia 58 tahun ini juga punya mata biru , namun agak memudar. Ia menyebut setelah melalui pemeriksaan dokter mata, dinyatakan keluarganya ada kelainan bawaan sejak lahir atau disebut Sindrom Waardenburg .

Disebutkan, Sindrom Waardenburg adalah kelainan genetik langka yang bisa memengaruhi warna kulit, rambut, mata, dan bentuk wajah bayi saat lahir.

baca juga: Kodim Tanah Datar Gelar Komunikasi Sosial, Dandim Harapkan Hal ini

Tuti yang masih aktif sebagai guru SD di Nagari Sungai Patai, Kecamatan Sungayang ini memiliki sembilan saudara namun hanya empat kakak adik yang juga bermata biru .

Kemudian, anak perempuannya Muthia Iriani (30 tahun) dan dua cucunya Amira (5 tahun) dan Gibran (2 tahun) juga bermata biru .

baca juga: Tak Mau Disanksi Kerja Sosial, Seorang Pelanggar Perda AKB di Tanah Datar Pilih Bayar Denda

Meski warna mata berbeda dari orang Indonesia pada umumnya, Tuti beserta anak dan cucunya tidak pernah mengeluhkan sakit pada mata dan pendengarannya. Penglihatan dan pendengarannya sejak lahir tetap bagus hingga saat ini.

"Penglihatan dan pendengaran anak dan cucu saya juga bagus, bisa digunakan beraktifitas, bermain dan membaca," ucap Tuti.

baca juga: Pengurus LPM Tanah Datar Dikukuhkan, Bupati Harapkan Hal Ini

Namun, akibat Sindrom Waardenburg ini keluarganya terdapat perubahan warna kulit ada bercak putih di tangan dan rambutnya putih di dekat dahi.

"Sejak sekolah di SMP, rambut saya dan anak saya sudah mulai memutih," tutur Tuti yang juga diiyakan oleh Muthia. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi