Bawaslu Rekrut 12.532 Pengawas Untuk TPS di Pilkada Sumbar, Ini Jadwal dan Syaratnya!

Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen
Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membuka perekrutan sebanyak 12.532 tenaga pengawas untuk masing-masing Tempat Pemungutan Suara ( TPS ) di Pilkada serentak Desember 2020 di Sumatera Barat (Sumbar).

"Itu jumlahnya yang akan direkrut sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Sumbar, kemungkinan jumlah tersebut akan berubah nantinya," kata Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen, Kamis 8 Oktober 2020 di Padang.

baca juga: Dilaporkan ke Bawaslu, Ini Kata Kasatpol PP Padang

Pembukaan pendaftaran bagi calon pengawas TPS sudah dimulai sejak 3 Oktober lalu di masing-masing kabupaten kota. Dia menjelaskan, secara tahapan terhitung tanggal 3 Oktober hingga 15 Oktober adalah tahapan pendaftaran, penerimaan, dan penelitian berkas administrasi serta wawancara.

Untuk syarat-syarat pendaftaran diantaranya, umur calon pengawas pada saat mendaftar minimal berusia 25 tahun, minimal tamatan SMA sederajat, mengundurkan diri dari partai politik sekurang-kurangnya 5 tahun saat pendaftaran.

baca juga: Diduga Langgar Netralitas ASN, Kasatpol PP Padang Dilaporkan ke Bawaslu

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah calon pengawas diutamakan berasal dari kelurahan setempat. Serta tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan penyelenggara pemilu, dan membuat surat pernyataan yang menyatakan bersedia bekerja sepenuh waktu.

"Membawa surat rapid tes, RT-PCR. Mempunyai integritas, jujur, adil, kepribadian yang tangguh, serta setia pada Pancasila sebagai dasar negara," tuturnya.

baca juga: Irwan Prayitno: Pilkada Berintegritas, Adil Dan Jujur Perlu Dihebohkan

Surya mengatakan, masa kerja pengawas TPS dimulai dari 23 hari sebelum hari pemungutan suara hingga 7 hari sesudah pemilihan. Pengumuman pengawas TPS yang terpilih pada tanggal 11 November (selama 5 hari), dan tanggal 16 November akan dilakukan pelantikan. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir