PSI Sumbar Merapat ke Ketua Nasdem di Pilkada Pessel, Merugikankah?

Faldo Maldini saat menerima SK sebagai ketua PSI Sumbar
Faldo Maldini saat menerima SK sebagai ketua PSI Sumbar (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -Partai Solidaritas Indonesia ( PSI ) Sumbar merapat ke Ketua Nasdem Sumbar, Hendrajoni yang maju sebagai calon bupati di Pilkada Pesisir Selatan (Pessel) 2020.

Pakar menilai, dukungan itu tak semata-mata menguntungkan, namun bisa jadi merugikan pasangan calon Wakil Bupati Hamdanus tersebut.

baca juga: Di Tengah Pandemi, KPU Pessel Siagakan Petugas Berbaju Hazmat Untuk Pemilih Khusus

"Dukungan Faldo Maldini untuk Pak Hendrajoni , dalam politik biasa saja. Itu yang pertama. Yang kedua, dukungan ini tidak akan berpengaruh signifikan pada Pak Hendrajoni ," kata Pakar Komunikasi Politik Unand, Najmuddin M Rasul Jumat, 9 Oktober 2020.

Indikator yang dilihatnya, pertama PSI tidak memiliki kursi di Sumbar. Kemudian kepercayaan masyarakat Sumbar, khususnya Pesisir Selatan kurang pada PSI hingga saat ini.

baca juga: 3 Jam Debat Kandidat Putaran Kedua, Ini Hasilnya

Bahkan sebaliknya. Hemat Najmudin Rasul, dukungan yang disampaikan akan berpengaruh negatif melihat asumsi yang dilekatkan masyarakat pada PSI selama ini. "Ada kemungkinan (berdampak,red) negatif untuk Pak Hendrajoni ," hematnya.

Masyarakat Sumbar masih mempertimbangkan partai politik dalam memberikan dukungan selain sosok figur yang diusung. Perolehan kursi di DPRD setempat pada Pileg 2019 dapat menjadi indikator sederhana dalam melihat kepercayaan masyarakat pada partai politik.

baca juga: Pilkada Pessel, Debat Putaran Kedua Dilaksanakan 27 November

Diketahui, dukungan PSI Sumbar untuk pasangan calon (Paslon) Hendrajoni -Hamdanus disampaikan langsung oleh Ketua PSI Sumbar, Faldo Maldini lewat video berdurasi 1 menit 19 detik yang diunggah di akun resmi PSI Sumbar.

"Kami dari Partai Solidaritas Indonesia ( PSI , red) Sumatera Barat, mohon izin, enyatakan dukungan pada Bapak Hendrajoni dan Bapak Hamdanus sebagai calon bupati dan wakil bupati di Pesisir Selatan," kata Faldo Maldini .

baca juga: KPU Pessel Imbau Paslon Tak Bawa Pendukung ke Lokasi Debat

Ada berbagai pertimbangan sebelum menjatuhkan pilihan dukungan. Pasangan Hendrajoni -Hamdanus, sebutnya, sepakat dengan ide dan gagasan yang ditawarkan PSI Sumbar.

Dukungan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas demokrasi di Pesisir Selatan. "Kami juga mendoakan kandidat lainnya dapat bekerja dengan baik sehingga siapapun yang terpilih, sudah ditetapkan oleh Allah SWT," pungkasnya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir