Apa itu Sontoloyo? Kata yang Trending di Twitter

Sontoloyo trending di Twitter
Sontoloyo trending di Twitter (Twitter)

KLIKPOSITIF - Kata Sontoloyo hari ini, Sabtu (10/10/2020), masuk trending di Twitter dengan lebih dari 4000 cuitan. Mungkin Anda sering mendengar kata sontoloyo. Apa itu sontoloyo? Tahukah kalian sontoloyo artinya apa?

Kata sontoloyo ini memang sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia, terutama yang tinggal di Jawa. Kata sontoloyo ini lebih dipahami sebagai umpatan untuk mengungkapkan sesuatu yang tidak beres.

baca juga: Asnawi Dapat Gaji Kecil di Ansan Greeners, Joo Chan-yong: Ia Datang dengan Mimpi Besar

Namun dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan arti kata sontoloyo yaitu konyol, tidak beres, bodoh. Sontoloyo ini biasa digunakan sebagai makian. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan tentang kata sontoloyo di bawah ini.

Apa itu Sontoloyo?

baca juga: DPR Minta Polri Tindak Tegas Dugaan Aksi Rasisme Ambroncius Nababan

Ternyata tidak banyak yang tahu dari mana sebenarnya asal usul sontoloyo ini. Setelah ditelusuri, rupanya kata sontoloyo berasal dari Bahasa Jawa. Maknanya pun sangat berbeda jauh dengan yang dipahami oleh kebanyakan orang.

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, makna sontoloyo ini adalah sebutan bagi penggembala itik atau bebek. Orang tersebut bertugas untuk menggiring itik atau bebek agar memperoleh makanan, yang biasanya dilakukan di persawahan.

baca juga: Geledah Kamar Narapidana, Petuga Lapas Pariaman Temukan Senjata Tajam dan HP

Hal ini sebenarnya hampir sama dengan kata bajingan yang justru kemudian menimbulkan konotasi negatif ketika mengucapkannya. Menurut KBBI, kata bajingan diartikan sebagai penjahat, pencopet, kurang ajar (kata makian). Sedangkan dalam Bahasa Jawa, bajingan adalah pengendara gerobak sapi.

Jika dilihat dalam berbagai cerita lokal, sontoloyo kerap digambarkan sebagai seorang laki-laki bertopi caping yang membawa tongkat panjang dengan rumbai plastik di ujungnya. Jadi, jika merujuk pada pemaknaan tersebut, kata sontoloyo adalah kata yang tidak bermakna umpatan.

baca juga: Masih Terus Ditelusuri, Kadisdik Sumbar Singgung Regulasi di SMKN 2 Padang

Namun, seiring perkembangan waktu, kata sontoloyo tersebut malah semakin berkembang menjadi sebuah umpatan. Belum jelas juga siapa orang yang pertama kali menggunakan kata sontoloyo sebagai umpatan.

Jika menilik ke belakang, umpatan sontoloyo ini memang sudah bermula sejak zaman baheula, ketika bebek dan para gembalanya begitu banyak seliweran di desa-desa.

Saat itu, banyaknya jumlah bebek yang digembala para sontoloyo yang kerap menimbulkan gangguan perjalanan, sehingga menimbulkan kemacetan gerobak-gerobak sapi dan kuda pedati. Saat itulah biasanya para sopir pedati mengumpat dengan kata sontoloyo.

Sumber: Suara.com

Editor: Eko Fajri