Pemprov DKI Siapkan Bantuan Perbaikan Rumah untuk Korban Longsor Ciganjur

Longsor Ciganjur
Longsor Ciganjur (Sindo)

KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa pihaknya tengah menyiapkan bantuan perbaikan rumah bagi korban banjir dan longsor di Ciganjur, Jakarta Selatan.

Perbaikan rumah terhadap warga nantinya akan dibantu melalui program pemerintah pusat dan daerah. Hal itu disampaikan Riza saat meninjau langsung lokasi banjir dan longsor pada Minggu (11/10/2020) sore.

baca juga: Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas, Guguran Sejauh 4,5 Kilometer

Riza mengatakan bantuan dari pemerintah pusat bisa saja dilakukan melalui program bedah rumah milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). "Kami (Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ) juga punya program di PU (Pekerjaan Umum) untuk membantu masyarakat," kata Riza.

Riza menyampaikan bahwa kekinian pihaknya juga masih berusaha untuk melakukan sterilisasi puing-puing material banjir dan longsor di lokasi. Namun, sedikit terkendala dengan kondisi setempat yang merupakan kawasan padat penduduk.

baca juga: Lebih 3.000 Rumah Terendam Banjir di Kabupaten Balangan

"Mudah-mudahan dalam berapa hari ke depan kita sudah bisa mengangkat puing-puing, beton, tanah, longsoran yang menutupi sungai supaya kalau ada hujan dalam berapa hari ke depan tidak terjadi banjir lagi," ujarnya.

Banjir dan longsor sebelumnya terjadi di Jalan Damai Raya, Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (10/10/2020) malam. Sebanyak 300 rumah tergenang air setinggi kurang lebih 1,5 meter.

baca juga: Jalan Putus, Ratusan KK Terisolasi di Nagari Talang Babungo Solok

Akibat peristiwa tersebut sejumlah warga mengalami luka-luka hingga meninggal dunia. Tercatat satu korban meninggal dunia dalam peristiwa tersebut atas nama Widiar Nohapa (42) warga Jalan Damai I Nomor 8, Kelurahan Ciganjur.

Kekinian ada 271 warga yang mengungsi di posko. Jumlah tersebut berkurang dari sebelumnya yang berjumlah 500 orang. "Tadi malam pengungsian ada 400-500 tadi tersisa 271. Genangan air yang tadinya mencapai 1,5 meter sekarang kurang lebih tinggal 30 cm. Ada beberapa rumah yang masih tergenang, jadi alhamdulilah sudah kita kendalikan dari kemarin malam," terang Riza. (*)

baca juga: 485 KK Terdampak Saat Banjir Landa Tiga Kecamatan di Solok Selatan

Editor: Fitria Marlina