Anies Baswedan Sebut Penemuan Kasus Pada Klaster Keluarga Meningkat di Jakarta

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

KLIKPOSITIF - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan jumlah klaster Covid-19di perkantoran sudah mulai menurun. Namun, di kalangan keluarga, jumlahnya malah meningkat.

Anies mengatakan tren itu terjadi dalam satu pekan terakhir ini. Karena itu, hal ini dijadikan Anies sebagai alasan untuk kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

baca juga: Tingkat Kesembuhan Covid-19 di Kabupaten Agam Capai 89,04 Persen

"Terjadi penurunan proporsi penemuan kasus pada klaster perkantoran selama 1 minggu terakhir. Akan tetapi, terjadi peningkatan penemuan kasus pada klaster keluarga /pemukiman," ujar Anies dalam keterangan tertulis, Minggu (11/10/2020).

Selain itu sejak ia menerapkan PSBB ketat, pergerakan masyarakat di perumahan, taman, dan tempat rekreasi telah menurun. Begitu juga dengan mobilitas warga di pasar, kantor, dan pabrik disebutnya sempat menurun.

baca juga: Pemain Sepakati Pemotongan Gaji, Barcelona FC Terhindar dari Kebangkrutan

"Sedangkan pada pasar, kantor dan pabrik, serta transportasi publik sempat menurun, namun kembali naik pada 1 minggu terakhir," jelasnya.

Karena itu, ia menilai diperlukan peningkatan kedisiplinan warga di perumahan atau pemukiman dalam melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

baca juga: Hari Ini, 11 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, Meninggal 1 Orang

"Kepatuhan protokol kesehatan di lingkungan rumah dan penguatan RT/RW/kader diperlukan," pungkasnya.

Sumber : suara.com

baca juga: Hasil Rapid Test, Puluhan Orang Pengawas TPS di Pasaman Barat Reaktif Covid-19

Editor: Haswandi