Ombudsman Usulkan Reward Untuk Masyarakat yang Taat Protokol Kesehatan

Yefri Heriani, Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar
Yefri Heriani, Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat mengusulkan agar pemerintah juga memberikan reward atau penghargaan kepada masyarakat yang mematuhi protokol Covid -19.

"Dalam Perda itu kan hanya dibahas tentang sanksi bagi yang tidak melakukan protokol Covid -19, harusnya pemerintah juga memberikan penghargaan kepada masyarakat yang mengikuti protokol itu," kata Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar, Yefri Heriani.

baca juga: Tingkat Kesembuhan Covid-19 di Kabupaten Agam Capai 89,04 Persen

Ia mengatakan, dengan pemberian penghargaan itu, masyarakat akan merasa mereka dihargai karena telah melakukan protokol kesehatan.

"Dengan begitu, masyarakat yang masih belum melaksanakan protokol kesehatan akan mengikuti untuk menaati protokol kesehatan," lanjutnya.

baca juga: Hari Ini Pasien Sembuh COVID-19 di Pessel Bertambah 9 Orang, Positif Baru 5 Orang

Menurutnya, dengan memberikan penghargaan, masyarakat akan lebih taat dengan aturan yang dibuat. Tidak hanya dengan memberikan sanksi saja.

"Walaupun di dalam Perda telah dituliskan bahwa ada diberikan penghargaan kepada institusi atau orang yang menjadi pelopor percepatan penanganan penularan Covid -19 ini, tetapi perlu dipertegas lagi," lanjutnya.

baca juga: Pemain Sepakati Pemotongan Gaji, Barcelona FC Terhindar dari Kebangkrutan

Seperti diketahui, penindakan pelanggar Perda nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Pengendalian dan Pencegahan Covid -19 telah dilakukan sejak beberapa hari belakangan.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri