Sepanjang Pandemi Corona, Pemerintah Pasbar Salurkan BLT Kepada 5.000 Warga

Kepala Dinas Sosial saat menyerahkan dana BLT kepada salah seorang warga di Nagari Kapa
Kepala Dinas Sosial saat menyerahkan dana BLT kepada salah seorang warga di Nagari Kapa (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat mencatat ada sebanyak 5.000 kepala keluarga di daerah itu menerima Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) selama masa pandemi Corona atau COVID-19.

"Sebagian telah rampung disalurkan dana BLT ini. Ini dari alokasi dana APBD Kabupaten Pasaman Barat ," sebut Kepala Dinas Sosial, Yonnisal kepada KLIKPOSITIF , Selasa (13/10/2020).

baca juga: Kasus Dugaan Pemalsuan SK Pengurus Partai Gerindra Pasbar, Polisi: 4 Orang Sudah Diperiksa

Ia mengatakan dari 5.000 kepala keluarga yang tercatat itu sebanyak 4.850 telah menerima dana tersebut sebanyak dua tahap. Setiap tahap menerima Rp600 ribu, sedangkan tahap tiga (terakhir) sedang didistribusikan.

Sementara sebanyak 150 kepala keluarga yang tersebar di 19 nagari langsung menerima dana tersebut sebanyak Rp1,8juta. Penerima ini tercatat sebagai penerima hasil penyisipan (pergantian) dari data ganda.

baca juga: Anggota DPRD Pasbar Ini Minta Audit Proyek Mangkrak dan Penggunaan Dana COVID-19

"Tidak ada lagi dana yang akan disalurkan, semuanya sudah cukup sesuai kouta dan anggaran yang dipersiapkan sebanyak 5.000 kepala keluarga dari APBD Pasaman Barat ," katanya.

Yonnisal juga mengimbau kepada warga (pengganti) dari data ganda yang belum sempat mengambil dana BLT dengan waktu yang telah ditentukan atau belum mengetahui segera melaporkan ke pihak nagari.

baca juga: Ini 3 Jenis Bansos yang Akan Cair Bulan Ini

"Jika hari ini ada warga yang belum sempat mengambil dananya, diminta segera melaporkan ke pihak nagari agar bisa kita buat jadwal ulang pendistribusian," imbaunya.

Ia berharap semoga uang yang diterima bisa dimanfaatkan untuk membantu dan meringankan kebutuhan hidup sehari-hari selama masa pandemi Corona dan COVID-19 yang masih berlangsung.

baca juga: Semen Padang Salurkan Bantuan CSR SIG untuk Petani di Pasaman dan Pasbar

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi