Rampung Dibangun, Masjid Al Mustasyfa di RSU M. Natsir Solok Siap Dimanfaatkan

Masjid Al Mustasyfa yang dibangunkan yayasan Darianis Yatim di RSU M. Natsir Kota Solok
Masjid Al Mustasyfa yang dibangunkan yayasan Darianis Yatim di RSU M. Natsir Kota Solok (Ist)

SOLOK , KLIKPOSITIF - Setelah mulai pengerjaan sejak beberapa waktu lalu, masjid Al-Mustasyifa di lingkungan Rumah Sakit Umum Mohammad Natsir Kota Solok akhirnya rampung dibangun.

Masjid dengan dua lantai itu di sponsori pembangunnnya oleh Yayasan Darianis Yatim Solok . Setidaknya, dari awal sampai selesai menghabiskan dana lebih kurang Rp1,5 miliar.

baca juga: Kasus Covid-19 Kota Solok Bertambah Sembilan, Enam Diantaranya Kontak Erat

"Alhamdulillah, sudah rampung dibangun dan tinggal dimanfaatkan oleh seluruh warga rumah sakit, baik petugas maupun masyarakat," ungkap Pengelola Yayasan, Rusdi Saleh, Rabu (14/10/2020).

Dikatakannya, pembangunan tersebut tidak terlepas dari kepedulian pemilik Yayasan Darianis Yatim. Sebelum dibangun, petugas dan keluarga pasien hanya salat di selasar rumah sakit yang disekat.

baca juga: Kelurahan Berprestasi Sumbar 2021, Tanjung Paku Wakili Kota Solok

Memang, sebelumnya ada bangunan yang digunakan sebagai tempat ibadah, namun karena adanya kebutuhan pembangunan fasilitas rumah sakit, bangunan itu dirobohkan dan dipindahkan lokasinya.

Beranjak dari itu, Yayasan Darianis Yatim kemudian tergerak untuk membangunkan masjid yang representatif dan bisa digunakan oleh seluruh yang ada di rumah sakit.

baca juga: Wako Solok : Koperasi Kekuatan Ekonomi Ditengah Pandemi

Keseriusan panitia dan pihak rumah sakit untuk membangun masjid terlihat dari dana yang dikumpulkan. Dari gerakan sumbangan yang dilakukan, terkumpul dana sebesar Rp250 juta.

Memang dana itu masih jauh dari cukup, kemudian pihak yayasan Darianis Yatim berinisiatif membangunkan masjid dengan menambah dana sebesar Rp1,25 miliar lagi.

baca juga: Pemko Solok Data Masyarakat Yang Belum Masuk JKN

"Mudah-mudahan ini membawa manfaat besar bagi pihak rumah sakit dan masyarakat sekitar serta keluarga pasien," ungkap anggota DPRD Kota Solok itu.

Nantinya, masjid itu dihibahkan secara penuh kepada pihak pengurus yang sudah dibentuk oleh RSU M. Natsir untuk dimanfaatkan dan dikelola dengan baik.

"Kita bangunkan, kemudian dihibahkan pada pengurus untuk dikelola dengan baik, mudah-mudahan semakin menambah syiar Islam di kota Solok , khususnya lingkungan rumah sakit," tutupnya.

Masjid Al Mustasyfa bukan yang pertama dibangun oleh yayasan Darianis Yatim di wilayah Solok . Setidaknya, ada lebih kurang 20 masjid yang sudah dibangun, baik bangunan baru maupun yang sifatnya renovasi.

Penulis: Syafriadi | Editor: Haswandi