KPU Tanah Datar Tetapkan 262.891 DPT Pilkada 2020

Rapat pleno terbuka KPU Tanah Datar penetapan DPT
Rapat pleno terbuka KPU Tanah Datar penetapan DPT (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Datar menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Serentak Lanjutan 2020 sebanyak 262.891 Pemilih yang tersebar di 879 TPS, 75 nagari, dan 14 kecamatan.

"Daftar Pemilih Tetap (DPT) kita tetapkan dengan jumlah pemilih sebanyak 262.891 orang terdiri dari pemilih laki-laki 129.397 orang dan perempuan sebanyak 133.494 orang," ucap Ketua KPU Kabupaten Tanah Datar Fahrul Rozi saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPT di Hotel Emersia Batusangkar, Kamis 15 Oktober 2020.

baca juga: Luhut Evaluasi Ekspor Benih Lobster, Kalau Bagus Jalan Terus

Dalam rapat pleno tersebut dihadiri Anggota Bawaslu Yuli Fatdry, Petugas Penghubung (LO) Pasangan Calon, unsur Kodim 0307 Tanah Datar , Polres Tanah Datar , Dinas Dukcapil, Kantor Kesbangpol, dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se- Tanah Datar .

Fahrul menyebut pihaknya terus berupaya mewujudkan Pilkada yang berkualitas dengan menghasilkan daftar pemilih yang berkualitas.

baca juga: Rizieq Shihab Diperiksa Soal Kerumunan, FPI Sebut Itu Kriminalisasi

"Kita tidak ingin masyarakat yang sudah memiliki hak pilih itu tidak terdaftar dalam daftar pemilih," tutur Rozi didampingi Komisioner lainnya Fitri Yanti, Erlonadi, Henni Sari, dan Tomas Hendriko.

Ia mengajak kepada seluruh masyarakat dan pemegang kebijakan untuk ikut menyukseskan Pillkada Serentak 2020 ini.

baca juga: Sudah Jalani Swab, Kini Rizieq Shihab Tak Mau Ungkap Hasil Test

"Kita berharap tim pemenangan pasangan calon, Bawaslu dan instansi lainnya dapat ikut menyosialisasikan kepada masyarakat jika ada yang masih belum terdata atau belum terdaftar dalam DPT untuk dapat menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan KTP elektronik di hari pemungutan suara," harap Fahrul.

Ia juga menegaskan di tengah wabah COVID-19 ini kepada seluruh jajaran KPU untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menerapkan prilaku hidup sehat.

baca juga: Ini Tiga Senjata Pemrintah Untuk Bangkitkan Kembali Sektor Pariwisata

Sementara itu, Anggota Bawaslu Tanah Datar Yuli Fatdry menyampaikan apresiasi kepada jajaran KPU Tanah Datar yang telah bekerja keras menyiapkan data pemilih dengan baik dan tidak banyak permasalahan.

" Tanah Datar termasuk salah satu daerah yang cukup baik pendataan pemilihnya dan tidak banyak perbaikan dan ini mendapat apresiasi dari Bawaslu RI," tuturnya.

Disebutkan, sebelumnya KPU Tanah Datar telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 256.857 Pemilih yang terdiri dari pemilih laki-laki 126.002 orang dan perempuan sebanyak 130.855 orang. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri