Ketua KPU Pessel Sebut Kuliah Daring saat Pilkada Bisa Berdampak pada Peningkatan Partisipasi Pemilih

Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar
Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat mengungkapkan, pandemi COVID-19 bakal menjadi ruang baru untuk tercapai partisipasi pemilih di Pilkada 2020.

Ketua KPU Pesisir Selatan , Epaldi Bahar mengaku, adanya pandemi COVID memang tantang baru bagi penyelenggara. Namun, kendati demikian, kondisi ini juga menjadi dampak baik tersendiri bagi penyelenggara.

baca juga: Silaturahmi Paslon RA-Rudi di Painan Dipadati Massa

"Biasanya mahasiswa atau siswa yang kuliah di luar daerah, mereka tidak pulang ke daerah karena libur hanya di hari H. Kini kuliah daring, otomatis mereka ikut memilih," ungkapnya di Painan, Kamis 15 Oktokber 2020.

Berdasarkan target, KPU RI menargetkan partisipasi Pilkada 2020 diangka 77,5 persen, dan angka ini terkonfirmasi naik mencapai 2,5 persen, dari periode 2015 yang hanya 75 persen.

baca juga: Jelang Masa Tenang, Bawaslu Pessel Ingatkan Paslon Tidak Lakukan Ini

Menurutnya, KPU optimis bakal tercapai. Sebab, tingkat kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya kini semakin tinggi.

"Jadi, pandemi tidak memengaruhi target partisipasi," terangnya.

baca juga: Hari Ini Total Kasus COVID di Pessel Capai 763 Orang

Pihaknya akan terus berupaya mensosialisasikan Pilkada, baik pertemuan langsung bersama masyarakat maupun promosi para kandidat, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kemudian, melibatkan 10 relawan dari kelompok milenial yang aktif di media sosial, dengan syarat memiliki minimal 2.500 pengikut. Selain itu, memastikan masyarakat masuk dalam dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara langsung.

baca juga: Di Tengah Pandemi, KPU Pessel Siagakan Petugas Berbaju Hazmat Untuk Pemilih Khusus

"Di TPS kami siapkan pengukur suhu tubuh, cuci tangan dan masker. Jadi, tidak usah takut datang ke TPS," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi