KPU Pessel Tetapkan Batasan Maksimal Dana Kampanye Rp10,3 Miliar

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat menetapkan, besaran batasan maksimal dana kampanye masing-masing pasangan calon bupati dan wakil bupati sebesar Rp10,3 miliar pada Pilkada 2020.

Ketua KPU Pesisir Selatan , Epaldi Bahar mengungkapkan, besaran itu jauh lebih besar dari periode 2015 yang hanya mencapai Rp3,5 miliar, dan pada Pilkada 2020 sebesar Rp10,3 miliar, berdasarkan peraturan KPU.

baca juga: Hari Ini Pasien Sembuh COVID-19 di Pessel Bertambah 9 Orang, Positif Baru 5 Orang

Menurutnya, batasan pengeluaran dana kampanye itu mengacu pada Peraturan KPU nomor 5 tahun 2017 tentang Dana Kampanye Peserta Pemilihan Gubuernu-Wakil Gubernur, Bupati-Wakil Bupati dan Wali Kota-Wakil Wali Kota.

"Tidak boleh lebih dari itu, karena sudah sesuai dengan PKPU," ungkapnya pada KLIKPOSITIF , Kamis, 15 Oktober 2020.

baca juga: Pencarian Satu Korban Hanyut di Airpura Pessel Hingga Hari Ketiga Belum Membuahkan Hasil

Pada pasal 16 PKPU Nomor 5 Tahun 2020, dana kampanye berbentuk uang yang bersumber dari pasangan calon dan/atau partai politik atau gabungan partai politik, pasangan calon perseorangan dan sumbangan yang sah menurut hukum pihak lain.

Sumbangan wajib dicatat dan berada di rekening khusus kampanye, sebelum digunakan untuk kampanye pemilihan. Sedangkan mekanisme penghitungan besaran dana kampanye, terang Epaldi, diatur dalam pasal 12 PKPU.

baca juga: Paslon 01 Pilkada Pessel Singgung Soal Wisata Halal, Paslon Urut 03 Sebut Hal Ini

Pembatasan pengeluaran dana dilihat berdasarkan metode kampanye, mulai dari jumlah kegiatan, perkiraan jumlah peserta, standar biaya daerah, bahan yang diperlukan. hingga cakupan wilayah dan kondisi geografis, logistik, manajemen serta konsultan kampanye.

"Nah, kalau sekarang jumlah peserta tiap pertemuan maksimal 50 orang. Tinggal dikalikan dengan harga makan minum dalam standar biaya daerah," terangnya.

baca juga: 3 Jam Debat Kandidat Putaran Kedua, Ini Hasilnya

Seperti diketahui, Paslon peserta Pilkada di Pessel telah membuka rekening dana kampanye pada bank yang ditunjuk KPU.

Rekening tersebut kemudian diserahkan pada KPU.

Berdasarkan catatan, para Paslon telah melaporkan saldo awalnya pada 25 September 2020. Dari 3 Paslon, saldo awal pasangan Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah mencapai Rp10 juta.

Sedangkan, pasangan Dedi Rahmanto-Arfianof Rajab dan Hendrajoni-Hamdanus masing-masingnya sebesar Rp1 juta.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi