Ketika Ada Dua Salat Jumat di DPRD Sumbar

Salat Jumat di Jalan S.Parman Padang oleh Aliansi BEM Sumbar, Jumat, 16 Oktober 2020
Salat Jumat di Jalan S.Parman Padang oleh Aliansi BEM Sumbar, Jumat, 16 Oktober 2020 (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Siang ini, Jumat 16 Oktober 2020 ada dua Salat Jumat di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat. Dua salat Jumat itu masing-masingnya dilaksanakan di Masjid Assyura di lingkungan DPRD Sumbar dan satu lagi di luar kawasan DPRD Sumbar, tepatnya di gerbang pintu masuk Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) kelas I Padang.

Di lingkungan DPRD Sumbar, Salat Jumat dilaksanakan oleh pegawai di lingkungan DPRD Sumbar dan pihak kepolisian yang mengamankan DPRD Sumbar, sedangkan di pintu masuk DPRD Sumbar dilaksanakan oleh Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sumatera Barat

baca juga: Ratusan Mahasiswa Desak Masuk ke Gedung DPRD Pasaman Barat

Dalam pelaksanaannya, jumlah jamaah kurang lebih sebanyak 50 orang yang juga dihadiri oleh pedagang yang ada di sepanjang Jalan S. Parman Padang. Tampak juga anggota kepolisian yang melakukan pengamanan ikut dalam salat itu.

Dalam khutbahnya, Khatib yang juga dari salah seorang mahasiswa, Bayu menyampaikan berbagai hal yang berhubungan dengan kepemimpinan dalam Islam.

baca juga: Ratusan Mahasiswa Unjuk Rasa di DPRD Pasaman Barat

"Banyak hal yang harus diperhatikan dalam kepemimpinan, termasuk masalah korupsi. Korupsi tak hanya soal uang, namun juga soal waktu. Jika kita harys masuk kerja pukul 07.30 Wib, namun kota datang pukul 07.40 Wib, maka kita sudah korupsi waktu selama 10 menit. Dan ini nantinya akan dipertanggungjawabkan di akhirat nanti,"tuturnya.

Selama pelaksanaan Salat, pihak kepolisian mengalihkan jalan dari Basko ke arah ke Pasar Raya dialihkan ke Jalan Khatib Sulaiman. Namun saat ini, jalan sudah dibuka kembali oleh pihak kepolisian dengan masih diatur oleh pihak kepolisian. (*)

baca juga: Demo Omnimbus Law di Patung Kuda, Massa Buruh Tembakkan Smoke Boom

Editor: Fitria Marlina