Bantu Gerakan Ekonomi di Tengah Pandemi, ACT Padang Luncurkan Program Gerakan Bangkit Bangsaku

ACT Padang melakukan peluncuran program Gerakan Bangkit Bangsaku
ACT Padang melakukan peluncuran program Gerakan Bangkit Bangsaku \"Habis Gelap, Terbitkan Terang\", bertempat di kafe Kupi Batigo pada Kamis, 9 Oktober 2020. (KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Padang melakukan peluncuran program Gerakan Bangkit Bangsaku "Habis Gelap, Terbitkan Terang", bertempat di kafe Kupi Batigo pada Kamis, 9 Oktober 2020.

Dalam kegiatan itu, hadir beberapa orang narasumber seperti Kepala ACT Sumbar Zeng Well, Pemiliki Usaha Kupi Batigo Yulfiadi dan pemuka Agama yakni Wbah Syaimah. Peluncuran program tersebut juga dihadiri oleh Presiden IMA Chapter Padang, Darmawi.

baca juga: ACT Gelar Diskusi Bersama MRI, Bahas Peran Penting Para Relawan dalam Aktivitas Sosial

"Bangsa kita ini telah dilanda pandemi sejak Februari 2020 lalu hingga saat ini. Kita belum tahu kapan berakhirnya. Namun kita dapst menyaksikan sendiri bahwa sekolah banyak yang ditutup, padahal banyak penerus bangsa yang tidak bisa mendapatkan ilmu dengan maksimal karena harus belajar daring. Jika ini terus berlanjut, maka ini bisa berbahaya," ujar Zeng Well.

Foto bersama dalam peluncuran program Gerakan Bangkit Bangsaku \
Foto bersama dalam peluncuran program Gerakan Bangkit Bangsaku \"Habis Gelap, Terbitkan Terang\" oleh ACT, bertempat di kafe Kupi Batigo pada Kamis, 9 Oktober 2020.

Ia msngungkapkan, dari segi ekonomi, banyak saudara sesama muslim yang terdampak ekonominya akibat COVID-19. Seperti pedagang asongan harian yang biasanya banyak berjualan di depan sekolah, kampus atau tepi jalan, namun mereka tidak dapat berjualan lagi karena sistem pendidikan yang telah berubah dikarenakan pandemi. Selain itu, belum lagi perusahaan swasta maupun BUMN/BUMD yang cukup juga terdampak hingga tak sedikit yang merumahkan karyawannya, dikarenakan melemahnya pergerakan ekonomi sekitar.

baca juga: ACT Sumbar Terima Bantuan Senilai Rp 150 Juta dari Masyarakat Kota Padang yang Peduli Pengungsi Rohingya di Aceh

"Ini adalah saatnya kita bangkit, dengan meluncurkan gerakan Bangkit Bangsaku dengan semboyan "Habis Gelap, Terbitlah Terang". Program merupakan upaya ACT untuk kembali menimbulkan gairah ekonomi masyarakat," kata Zeng lagi.

Ia menjelaskan, kegiatan itu berupa penghimpunan dana yang dilakukan ACT terhadap para pengusaha/dermawan yang memiliki rezeki sedikit lebih banyak dibandingkan yang lainnya. Nantinya, dana tersebut akan diberikan kepada pelaku usaha mikro berupa pinjaman yang nantinya akan diangsur secara rutin oleh mereka.

baca juga: ACT Siap Sedia Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Izmir di Turki

"Dana yang terkumpul nantinya akan digulirkan kepada para pelaku usaha mikro seperti pedagang asongan. Kemudian ACT nanti akan melakukan pembinaan sampai usaha mereka bisa bangkit kembali," jelasnya lagi.

Sementara itu, Abah Syaimah menjelaskan tentang pentingnya mengingat tentang Energi Langit/Hubungan dengan Allah. Ingat bahwa hidup penuh dengan ujian dan manusia harus yakin bahwa ada solusi di tiap masalah.

baca juga: ACT Lakukan Pembaharuan Logo, Miliki Makna dengan Tekad Membara, Apa Itu?

"Kembalikan diri pada Allah. Ada satu ayat sering dibaca, tapi konteksnya sering dilupakan oleh banyak oranh yakni, mustahil bagi Allah memberikan ujian, kecuali mampu untuk kita atasi," kata Abah dengan kata-kata yang menenangkan hati segenap orang yang hadir disana.

Di sisi lain, Pemilik Usaha Kupi Batigo, Yulfiadi, turut menyampaikan motivasi dan semangatnya pada segenap peserta yang hadir pada pertemuan tersebut. Ia juga mengungkapkan bahwa setiap orang harus kuat untuk menjalani setiap ujian dan cobaan dalam hidup. Bahkan ia sempat menceritakan bahwa usaha kafe Kupi Batigo sempat terdampak COVID-19 dan menutup kafe selama beberapa bulan.

"Pandemi menyerang setiap sektor ekonomi, bahkan untul usaha kafe yang dijalani oleh para pelaku usaha yang cukup banyak di Kota Padang. Namun dengan berpegang dengan keyakin bahwa Allah takkan meninggalkan hambaNya sendirian yang tengah dalam ujian, maka saya kembali bangkit dan tak menyerah," tuturnya.

Sementara itu, Presiden IMA Chapter Padang Darmawi yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengapresiasi langkah yang dilakukan ACT dalam meluncurkan gerakan Bangkit Bangsaku "Habis Gelap, Terbitkan Terang".

" Memang dibutuhkan langkah dan usaha (gerakan) yang realistis dalam menghadapi krisis sosial dan ekonomi di tengah kondisi new normal saat ini. Bahkan, pada New Normal inilah para pelaku usaha harus berjuang mebghadapi beratnya kondiri ekonomi yang sebenarnya," jelas mantan pejabat di PT Telkom Wilayah Sumbar tersebut.

Ia memberi contoh salah satu usaha yang berhasil bangkit di tengah kondisi new normal, seperti Rumah Makan Singgalang. Diceritakan Darmawi rentang berbagai usaha dan inovasi yang dilakukan RM padang tersebut sehingga dapat bangkit kembali.

"IMA Chapter Padang siap untuk mendukung program ACT ini demi menggerakan kembali ekonomi masyarakat di Sumbar," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, ACT juga turut memberikan bantuan paket sembako pada salah satu pelaku usaha mikro guna memberikan manfaat dan meringankan beban hidupnya.(*)

Editor: Khadijah