KPU Bukittinggi Tetapkan Daftar Pemilih Tetap, Segini Jumlahnya

Komisioner KPU Zulwida Rahmayeni
Komisioner KPU Zulwida Rahmayeni (Istimewa)

BUKITINGGI, KLIKPOSITIF --Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Bukittinggi menetapkan Daftar Pemilih Tetap ( DPT ) dalam Pilkada serentak 2020, Jumat 16 Oktober 2020.

DPT merupakan data warga yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih di TPS masing-masing.

baca juga: DKPP Tolak Seluruh Pengaduan Pengadu Terhadap Komisioner KPU dan Bawaslu Bukittinggi

Penetapan DPT dilakukan lewat rapat pleno dengan melibatkan Bawaslu, Forkopimda maupun tim pemenangan masing-masing calon peserta Pilkada.

" DPT di Bukittinggi 77.656, ada penurunan dibanding Pemilu 2019 yang sebanyak 81.447. Namun penurunan ini wajar mengingat tingginya perpindahan warga," jelas Komisioner KPU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Zulwida Rahmayeni, Sabtu 17 Oktober 2020.

baca juga: Hari Ini DKPP Bacakan Putusan Perkara Kode Etik Penyelenggara Pemilu Dharmasraya dan Bukittinggi

Dari data diatas, terjadi penurunan sebanyak 3.791 pemilih. Kendati demikian, jumlah pemilih mengalami sedikit kenaikan dibanding Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dikeluarkan KPU sebelumnya.

"Dalam DPS kemarin jumlahnya 77.331, jadi ada kenaikan sebesar 325 pemilih untuk DPT ini," sambungnya.

baca juga: Tiga Finalis Lomba KPU Cabut Karyanya, Ini Kata Komisioner KPU Sumbar

Dengan demikian, Zulwida mengatakan, jumlah surat suara yang akan dicetak adalah sebanyak DPT plus tambahannya 2,5 persen dari DPT tersebut.

"Harapan kita semua sudah terakomodir, dan bagi yang tidak masuk DPT masih bisa memilih lewat Daftar Pemilih Khusus (DPK) dengan membawa KTP di Jam 12.00-13.00 WIB," terang Zulwida.

baca juga: Dipecat dari Jabatan Ketua KPU, Ini Kata Arief Budiman

Lalu, jumlah TPS di 24 Kelurahan di Bukittinggi adalah 233. Zulwida mengatakan, jumlah TPS ini cukup proporsional karena rataan banyak pemilih untuk 1 TPS adalah 333, sementara aturan dari KPU RI dalam Pandemi adalah maksimal 500 pemilih tiap TPS.

"Kita target tingkat partisipasi pemilih di Bukittinggi sebanyak 80 persen," pungkasnya.

Editor: Hatta Rizal