Gempa Guncang Pagai Mentawai, Ini Penjelasan BMKG

Peta lokasi gempa
Peta lokasi gempa (BMKG)

PADANG, KLIKPOSITIF - Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa tektonik sekitar pukul 05.48 WIB, Senin 19 Oktober 2020.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=4,9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,34 LS dan 100,26 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 38 kilometer arah Barat Daya Pulau Pagai Selatan, Sumatera Barat pada kedalaman 21 kilometer

baca juga: Tiga Gunung Berapi di Indonesia Meletus Beruntun, Apa Kata BMKG?

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG , Rahmat Triyono dalam keterangan tertulisnya mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Rahmat juga menyebut, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga Senin, 19 Oktober 2020 pukul 06.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).

baca juga: Bukittinggi Diguncang Gempa Tektonik 3,3 Magnitudo, Akibat Sesar Sianok

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Editor: Haswandi