Langgar Perda AKB, 53 Warga Pessel di Sanksi Karena Tidak Pakai Masker

Sejumlah warga tidak memakai masker saat diproses tim gabungan di Pessel
Sejumlah warga tidak memakai masker saat diproses tim gabungan di Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Tim gabungan penegak Peraturan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) terapkan sanksi pada sejumlah pelanggar protokol kesehatan di daerah setempat.

Operasi dalam penegakan Perda nomor 06 Provinsi dilakukan Pemkab Pessel , Minggu 18 Oktober 2020 kemarin. Hal itu, setidaknya dirasakan oleh 53 orang tidak memakai masker.

baca juga: Tingkat Kesembuhan Covid-19 di Kabupaten Agam Capai 89,04 Persen

"Sanksi berupa kerja bakti membersihkan fasilitas umum di sekitar pasar," ungkap Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran, Dailipal, selaku Sekretaris Satgas Penanganan COVID 19 pada KLIKPOSITIF .

Operasi dipimpin langsung Pjs Bupati Pesisir Selatan, Mardi, yang diikuti dari persomel Satpol PP, Dinas Perhuhungan, Kominfo, Humas, Kodim, Kepolisian, Pos Denpom dan unsur terkait lainnya, di Pasar Sago- IV Jurai.

baca juga: Pakar UNICEF Sebut Pandemi Tingkatkan Cyberbullying

Dalam operasi, sejumlah pelanggar mengaku, tidak memakai masker karena lupa. Selain itu, ada juga di antara mereka beralasan karena memakai mengganggu pernapasan.

"Meski demikian, pelanggar tetap kita beri sanksi berupa kerja bakti menggunakan rombi bertuliskan, 'saya pelanggar protokol kesehatan ," terangnya.

baca juga: Peneliti Temukan Gangguan Hidung Lain Pada Pasien Covid-19

Kesempatan itu, Pjs Bupati Pessel , Mardi berpesan agar operasi dilakukan dengan pendekatan humanis. Intinya operasi harus memberikan kesadaran pada masyarakat bagaimana pentingya mematuhi protokol kesehatan .

"Karena tolak ukur keberhasilan operasi tidak hanya banyaknya pelanggar yang terjaring, namun yang penting sejauh mana meningkat tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan ," tutupnya.

baca juga: Kaya Manfaat, Minyak Zaitun Bisa Cegah Sejumlah Penyakit

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri