Tak Terdaftar di DPT Tetap Bisa Memilih, Ini Persyaratannya

Pencoblosan di bilik suara
Pencoblosan di bilik suara (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Meskipun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar sudah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap ( DPT ) untuk Pilkada serentak 2020, namun bagi warga yang belum terdaftar di DPT tetap bisa menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan KTP elektronik.

Anggota KPU Sumbar Nova Indra mengatakan, sebelumnya KPU sudah melakukan sejumlah tahapan untuk daftar pemilih di pilkada serentak Desember 2020 ini. Diantaranya, dengan menginformasikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di sejumlah tempat, agar masyarakat bisa mengecek namanya apakah sudah terdaftar atau belum.

baca juga: Debat Publik Pertama Pilkada Sumbar Dipandu Imam Priyono, Moderator Debat Pilpres 2019

"Pengumuman DPS sudah kita lakukan hingga batas waktunya, dan kemarin DPT juga sudah ditetapkan. Namun jika ada warga yang belum masuk DPT jangan cemas karena hak memilihnya tidak akan hilang, bisa datang ke TPS dengan membawa e-KTP," jelas Nova, Senin 19 Oktober 2020 di Padang.

Nova juga menyampaikan, bagi warga yang tidak terdaftar dalam DPT tetap bisa memilih dengan KTP namun harus sesuai dengan alamat KTP, domisili tempat yang bersangkutan memilih.

baca juga: KPU Sumbar Tetapkan Dua Kali Debat Publik, Ini Temanya

"Harus sesuai alamat KTP, bisa bisa memilih di TPS yang tidak sesuai alamatnya," kata dia. Pemilih yang menggunakan KTP ini nantinya akan masuk dalam Daftar Demilih Tambahan (DPTb).

Diberitakan sebelumnya, KPU menetapkan jumlah DPT sebanyak 3.719.429 jiwa untuk Pilkada serentak Desember 2020 di Sumbar.

baca juga: KPU Sumbar Libatkan 11 Orang Penyusun Materi Debat, Ada Nama Andani Eka Putra

Dari jumlah 3.719.429 pemilih yang ditetapkan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi DPT tersebut terdiri dari 1.836.825 pemilih laki-laki dan 1.882.604 pemilih perempuan. Pemilih tersebut tersebar di 179 kecamatan, 1.158 nagari/desa/kelurahan, dan 12.532 tempat pemungutan suara (TPS) di Sumbar. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir