Kapolsek Sungai Limau Beberkan Alasan Aparat Keamanan Turun Tangan Kuburkan Jenazah Terkomfirmasi Covid-19

Tampak polisi dan tni melakukan proses pemakaman
Tampak polisi dan tni melakukan proses pemakaman (Ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF -Kapolsek Sungai Limau, IPTU Nazirwan, mengatakan proses pemakaman jenazah covid-19 yang diselenggarakan oleh jajaranya beserta anggota TNI bukan hal pertama didaerah itu. Hal ini dikarenakan jumlah tenaga medis untuk memakamkan jenazah COVID-19 yang kurang, sehingga anggota Polisi dan TNI di wilayah hukum Polsek Sungai Limau turun tangan agar jenazah itu bisa dimakamkan.

"Ini kesekian kalinya dimana karena tidak ada tenaga (orang) yang bersedia memakamkan jenazah covid, terpaksa hal itu kami ambil alih," ungkap IPTU Nazirwan, Senin 19 Oktober 2020.

baca juga: Hari Ini, 22 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19

Lebih lanjut dikatakannya, pada Minggu (18/10/2020), pukul 17.00 WIB pihaknya Bripka Syafriadi dan Bripka Dedi Syafran beserta anggota Koramil 02 dan perangkat Satgas Covid19 Nagari Pilubang, memakamkan satu jenazah covid dengan inisial M (51) di Korong Pasir Baru, Nagari Pilubang.

" Jenazah tersebut merupakan warga Kabupaten Pasaman Barat yang berdomisili di kawasan Padang. Almarhum meninggal di rumah sakit Unand Padang tanggal 18 Oktober 2020. Lalu pihak keluarga meminta agar jenazah dimakamkan di tanah kelahiran yaitu di nagari Pilubang," ungkap IPTU Nazirwan.

baca juga: Kasus COVID-19 Melonjak, Tempat Tidur di Berbagai Rumah Sakit Mulai Penuh

Untuk diketahui juga, proses pemakaman disaksikan oleh warga yang berbondong-bondong. Perihal tersebut menyita perhatian warga setempat.

"Proses pemakaman berjalan kurang lebih selama satu jam. Proses pemakaman berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Perihal ini bukan pertama kalinya yang kami lakukan di wilayah Sungai Limau. Sebelumnya ada juga jenazah covid yang dimakamkan karena kekurangan tenaga medis atau pihak keluarga sendiri enggan memakamkan," jelas IPTU Nazirwan.

baca juga: Pandemi Covid-19, Irwan Prayitno Minta Perkuat Sinergitas Pemulihan Ekonomi

Kapolsek Sungai Limau itu berharap untuk kedepannya pihak pemerintah terkait menyediakan tenaga medis secara lengkap untuk memakamkan jenazah covid.

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri