Solusi Belajar Jarak Jauh, Radio Edukasi Sekolah Mengudara di Luhak

Peluncuran Radio Edukasi di SMPN1 Kecamatan Luhak
Peluncuran Radio Edukasi di SMPN1 Kecamatan Luhak (Ade Suhendra)
LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF -

Jajaran Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kecamatan Luhak Kabupaten Lima Puluh Kota - Sumbar luncurkan Radio Edukasi Sekolah , Senin 19 Oktober 2020. Peluncuran Radio Edukasi ini dihadiri langsung oleh Kepala UPTD SMPN1 Kecamatan Luhak Harniet.

Ia berharap Radio Edukasi ini dapat menjadi jembatan informasi dan komunikasi dalam rangka mewujudkan peserta didik yang edukatif di masa pandemi COVID-19. Ia menjelaskan radio tersebut resmi mengudara pada frekuensi 107.5 FM dengan radius mencapai 15 kilometer.

baca juga: Kemendikbud: Orang Tua Berhak Tolak Anaknya Belajar Tatap Muka, Tapi....

"Di masa pandemi COVID-19, sekolah diminta untuk melakukan pembelajaran secara daring. Tentunya, untuk pembelajaran jarak jauh ini diperlukan sarana pendukung dan penunjang lainnya agar pembelajaran bisa dilaksanakan secara maksimal," katanya.

Ia menambahkan terkadang sarana prasana menjadi kendala bagi murid dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Sebab menurutnya tidak semua nagari punya jaringan internet yang memadai dan belum lagi, orangtua siswa juga mesti menyiapkan kuota agar bisa mengakses internet.

baca juga: Nadiem Makarim : Mohon Maaf Nih Saya Sedikit Emosional Mengenai Hal Ini

"Inilah yang menjadi motivasi bagi kami berinisiatif membuat radio edukasi yang dapat menjangkau seluruh peserta didik SMPN 1 Luak. Dengan demikian pembelajaran jarak jauh sampai kepada siswa dengan tetap menjaga interaksi antara guru dan anak murid," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Limapuluh Kota Indrawati mengapresiasi inovasi yang diciptakan jajaran SMPN1 Kecamatan Luak. Ia berharap keberadaan radio ini dapat menjawab tantangan pembelajaran jarak jauh yang menuntut semua pihak bersikap bijak dan inovatif.

baca juga: Nadiem Sebut Tak Mungkin Ubah Sistem Pendidikan dalam 5 Tahun

"Semoga kehadiran radio ini dapat menjadi alternatif solutif yang dapat mengakomodasi kegiatan. Kemudian juga menjadi motivasi sekolah lain untuk lebih berkreasi dan berinovasi dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif," katanya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa kreatifitas dan inovasi menjadi kunci utama. Kemudian peran radio juga diharapkan sangat membantu dalam memberikan edukasi yang efektif kepada peserta didik.

baca juga: PPID SMAN 2 Payakumbuh Raih Penghargaan Kategori Informatif

Sementara itu, Camat Luhak Muftil Wahyudi juga mengapresiasi inovasi SMPN 1 Luhak dalam menjawab tantangan pembelajaran jarak jauh yang dicanangkan pemerintah. Sehingga program edukasi yang menarik dan baik dapat tercipta untuk para siswa.

"Mudah-mudahan radio ini tetap eksis dalam memberikan pelajaran sekaligus hiburan untuk anak anak. Kemudian bagi para murid manfaatkanlah keberadaan radio ini sebaik-baiknya," katanya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi