Awasi 100 Kampanye Tatap Muka Bawaslu Solsel Ingatkan Paslon Patuhi Protokol Kesehatan

Komisioner Bawaslu Solsel Divisi Pengawasan Ade Kurnia Zelli
Komisioner Bawaslu Solsel Divisi Pengawasan Ade Kurnia Zelli (Kaka)

SOLSEL KLIKPOSITIF - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solok Selatan ( Solsel ) mengungkapkan telah mengawasi 100 Kampanye Calon Kepala Daerah (Cakada) sejak dimulainya tahapan kampanye pada 26 September 2020 yang lalu.

"Yang kami awasi sudah seratus kali kampanye baik calon Bupati maupun Gubernur", kata Komisioner Bawaslu Solsel Divisi pengawasan Ade Kurnia Zelli.

baca juga: Kupak Rumah Warga, Seorang Pria Ditembak Polisi

Ade melanjutkan dari pengawasan tersebut katanya, pelanggaran terbanyak adalah tidak dilaksanakannya protokol kesehatan, saat Pasangan Calon (Paslon) melakukan kampanye .

"Rata-rata kami temukan dalam setiap pelaksanaan kampanye masyarakat yang hadir masih abai terhadap protokol kesehatan", katanya

baca juga: Matangkan Praktik Notaris, Pengwil INI Sumbar Kembali Gelar Magang Bersama

Atas temuan tersebut pihaknya menghimbau kepada pasangan calon kepala daerah agar benar-benar mematuhi protokol kesehatan dalam setiap kegiatan kampanye .

Selain itu, pihaknya juga menginstruksikan kepada jajaran Pengawas kecamatan (Panwascam) dan pengawas Nagari atau Panwaskel untuk meningkatkan pengawasan sekaitan pelanggaran protokol kesehatan tersebut.

baca juga: Hasil Rapid Test, Puluhan Orang Pengawas TPS di Pasaman Barat Reaktif Covid-19

"Setiap Pasangan Calon yang akan berkampanye kami himbau agar mematuhi Protokol Kesehatan demi kemaslahatan bersama, Jika masih ada pelanggaran protokol kesehatan, Panwascam sudah kami instruksikan agar memberikan teguran tertulis", katanya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Ramadhani