Bawaslu Solsel Perpanjang Masa Perekrutan Panwas TPS

Ketua Bawaslu Solsel Muhammad Ansyar
Ketua Bawaslu Solsel Muhammad Ansyar (Kaka)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Solok Selatan ( Solsel ) melakukan perpanjangan masa perekrutan Pengawas TPS di daerah itu terhitung sejak tanggal 20 hingga 26 Oktober 2020.

Ketua Bawaslu Solsel Muhammad Ansyar mengungkapkan perpanjangan tersebut dilakukan, karena sejak dibuka pendaftaran pada tanggal 3 hingga 15 Oktober 2020, calon pengawas TPS yang mendaftar belum mencukupi.

baca juga: Besok Bawaslu Sumbar Akan Plenokan Kasus Kasatpol PP Padang

"Dari 461 TPS, 416 TPS diantaranya, pendaftar calon pengawas TPS belum terpenuhi kuota dua kali kebutuhan," kata Ansyar.

Bahkan imbuhnya, ada satu nagari dimana di nagari tersebut terdapat tujuh TPS, belum ada satupun calon pengawas TPS yang mendaftar.

baca juga: DPRD Minta Sekda Non Aktifkan Kasatpol PP Padang

"Yang masih kosong pendaftar pengawas TPS itu terletak di Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan kecamatan Sangir Batanghari," katanya.

Dia menambahkan pada masa pendaftaran tahap pertama baru satu nagari yang telah terpenuhi kuota dua kali kebutuhan, yakni Nagari Sako Pasir Talang. Artinya, perpanjangan masa pendaftaran ini meliputi kebutuhan tujuh kecamatan di Solok Selatan ,

baca juga: Pilkada Solok Memanas, Epyardi Asda Dilaporkan ke Bawaslu

"Ketentuan pendaftar bersedia ditempatkan di TPS di nagari yang sama. Jika nanti masih tidak terpenuhi setelah dua kali masa pendaftaran kami akan minta petunjuk dari Bawaslu RI," katanya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Haswandi