Raih Paritrana Award 2019, BPJamsostek Padang Serahkan Hadiah Mobil pada PT Kunango Jantan

Penyerahan hadiah oleh Kepala BPJamsostek Padang Yuniman Lubis yang diterima oleh Direktur PT Kunango Jantan Gita Ariesta di ruang Administrasi Umum dan Kesra Kantor Gubernur Sumbar, Selasa (20/10/2020)
Penyerahan hadiah oleh Kepala BPJamsostek Padang Yuniman Lubis yang diterima oleh Direktur PT Kunango Jantan Gita Ariesta di ruang Administrasi Umum dan Kesra Kantor Gubernur Sumbar, Selasa (20/10/2020) (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Setelah sebelumnya, pada Agustus 2020 lalu, PT Kunango Jantan berhasil menerima penghargaan dari Wapres RI sebagai juara II untuk kategori perusahaan menengah pada Paritrana Award 2019 karena dinilai peduli terhadap para pekerjanya, PT Kunango Jantan akhirnya menerima hadiah dari BPJS Tenagakerja/BPJamsostek Padang.

Penyerahan hadiah dilakukan oleh Kepala BPJamsostek Padang Yuniman Lubis yang diterima oleh Direktur PT Kunango Jantan Gita Ariesta di ruang Administrasi Umum dan Kesra Kantor Gubernur Sumbar, Selasa (20/10/2020). Kegiatan penyerahan hadiah itu turut didampingi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumatera Barat (Sumbar).

baca juga: Implementasi JKK-RTW, BPJAMSOSTEK Kembali Diganjar Penghargaan dari Kemenpan RB

"Kami menyampaikan ucapan berterima kasih kepada PT Kunango Jantan atas kepeduliannya terhadap para pekerjanya, sehingga dapat menjadi juara II untuk kategori perusahaan menengah pada Paritrana Award 2019 dan menerima penghargaan dari Wapres RI," kata Yuniman.

Ia menjelaskan, PT Kunango Jantan merupakan salah satu perwakilan dari Sumbar sebagai perusahaan menengah pada Paritrana Award 2019 dan menerima hadiah berupa mobil Ayla seri G. Anugerah Paritrana Award 2019 diberikan kepada pelaku usaha dan pemerintah daerah yang menunjukkan komitmen dan dukungan terhadap jaminan sosial ketenagakerjaan. Pada tahun ketiga penyelenggaraannya, Paritrana Award diikuti 34 provinsi, 95 kabupaten/kota, 88 perusahaan besar, 99 perusahaan, dan 34 Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

baca juga: JKK-RTW, Program BPJS Ketenagakerjaan untuk Pekerja yang Alami Kecelakaan Kerja

"Kita berharap melalui penghargaan Paritrana Award ini dapat semakin memperluas pemberian perlindungan sosial ketenagakerjaan kepada pekerja ," jelas Yuniman.

Di sisi lain, ia mengucapkan selamat pada PT Kunango Jantan atas penghargaan yang diterimanya. Ia berharap semoga kemenangan yang diraih oleh perusahaan baja dan beton yang berbasis di Padang dapat menginspirasi perusahaan lainnya untuk meperhatikan kesejahteraan pekerjanya.

baca juga: Tangannya Tergiling Mesin Saat Bekerja, BPJamsostek Cabang Padang Beri Bantuan Tangan Palsu untuk Mualim

Sementara itu, Direktur PT Kunango Jantan Gita Ariesta menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan Paritrana Award 2019 yang diterima perusahaannya.

"Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPJamsostek karena kami diapresiasi dengan penghargaan Paritrana Award ini. Kami sebagai perusahaan manufaktur memang sangat rentah terhadap kecelakaan kerja, sehingga kami mengikutsertakan seluruh karyawan kam. Selain itu, kami juga mengikutsertakan buruh harian lepas dan anak-anak magang berkebutuhan khusus masuk ke dalam seluruh program BPJamsostek," tuturnya saat diwawancara KLIKPOSITIF usai menerima hadiah dari BPJamsostek Padang.

baca juga: Pekerja Migran Pahlawan Devisa Negara, Darul Siska Minta Pemerintah Jamin Keamanan dan Keberadaannya

Gita menjelaskan bahwa ada sekitar 700 orang dari seluruh pekerja dari PT Kunango Jantan yang didaftakan ke seluruh program BPJamsostek baik dari cabang perusahaan yang di Pekanbaru maupun Padang.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa salah satu alasan perusahaannya menerima penghargaan tersebut karena kepatuhan dalam melakukan pembayaran iuran jamsostek pada BPJamsostek.

Di sisi lain, ia berharap semoga penghargaan yang diraih perusahaannya dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lainnya dalam menjamin keselamatan pekerjanya melalui program yang ada di BPJamsostek.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Sumbar Nasrizal mengungkapkan bahwa jaminan keselamatan pekerja adalah hal yang harus didapat oleh pekerja . Dengan mendaftarkan para pekerja di BPJamsostek dan mengikuti program yang ada, maka itu akan memberikan banyak hal positif pada para pekerjanya, terutama dalam jaminan keselamatannya saat bekerja, jaminan hati tua maupun Jaminan pensiunan.

"Di Sumbar, menurut data yang kita miliki, belum sampai 30 pekerja di daerah kita yang belum terdaftar dalam jaminan keselamatan kerja melalui BPJamsostek. Padahal banyak hal bagus yang bisa didapatkan jika pekerja didaftarkan pada BPJamsostek," kata Nasrizal.

Ia memberi contoh nilai positif yang didapatkan oleh pekerja jika didaftarkan jaminan sosial dan keselamatan kerjanya didaftarkan pada BPJamsostek, seperti Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang sebelumnya disalurkan pemerintah melalui Kementrian Tenaga Kerja untuk peserta aktif BPJamsostek dengan gaji di bawah Rp 5 juta. Bantuan itu diberikan untuk pekerja selama 4 bulan dengan penyaluran uangnya yang bertahap.

"Selain itu, saya yakin ada banyak program lainnya dari BPJamsostek yang memberikan manfaat pada peserta lainnya yang dapat kita lihat dan rasakan. Karena itu saya berharap semoga perusahaan yang belum mendaftarkan pekerjanya dapat segera mendaftarkan seluruh pekerjanya," tuturnya.(*)

Editor: Khadijah