Ribuan Pelaku UMKM di Dharmasraya Terima Bantuan Program Banpres Produktif Usaha Mikro

Kadis Koperindag dan UMKM Zubrizal
Kadis Koperindag dan UMKM Zubrizal (Ist)

DHARMASRAYA , KLIKPOSITIF - Sepeninggalan Sutan Riska Tuanku Kerajaan menjabat sebagai Bupati Dharmasraya sebelum cuti mengikuti tahapan Pilkada tahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menyalurkan bantuan langsung tunai melalui program Banpres produktif kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Dharmasraya yang terdampak COVID-19.

"Bupati perintahkan langsung kepada saya untuk cepat tanggap menanggapi adanya dampak COVID-19 ini terhadap perekonomin masyarakat Dharmasraya . Atas intruksi langsung dari Bupati kita mengejar program ini untuk kita salurkan kepada para UMKM yang terdampak COVID-19 yang ada di Dharmasraya . Alhamdulillah berkat komunikasi Bupati dengan Kementrian Koperasi dan UMKM, kita sudah mendapatkan bantuan tersebut dan sudah disalurkan sebanyak 2.480 pelaku UMKM, "ungkap Kadis Koperindag dan UMKM Dharmasraya Zubrizal diruangan kerjanya.

baca juga: Lulus Uji Kompetensi 95 Persen, Prodi Kebidanan Undhari Makin Berjaya dan Diminati

Kata Zubrizal, bantuan sebesar Rp. 2,4 juta ini diterima para pelaku UMKM langsung ke rekening masing-masing melalui perbankan yang telah ditunjuk pemerintah.

"Dana ini langsung masuk ke rekening masing masing pelaku usaha, kemungkinan sudah sebagian besar dana ini diterima oleh para pelaku UMKM," jelasnya.

baca juga: UKM Pramuka Undhari Kunjungi Kwarcab 03 Sijunjung dan Geopark Ranah Minang Silokek

Dikatakan Zubrizal, pihaknya juga telah kembali mengajukan sekitar 5000 pelaku UMKM untuk kembali menerima bantuan tersebut.

" Pemerintah terus mengejar dana dana yang ada di pusat untuk disalurkan kepada para pelaku UMKM," tegasnya.

baca juga: Prodi S-1 Keperawatan FIKES UNDHARI Raih Peringkat Baik Sekali dari LAM-PTKes Usai Reakreditasi

Selain itu, kata Zubrizal, pihaknya juga saat Menteri Koperasi dan UKM ke Dharmasraya juga telah memberikan bantuan kepada para pelaku usaha pemula dan sebanyak 200 lebih pelaku usaha telah menerima bantuan masing masing Rp 10 juta sampai 13 juta.

"Insya Allah dalam waktu dekat ini juga akan segera dicairkan kembali dana untuk usaha pemula hingga 300 pelaku usaha pemula, " tandasnya.

baca juga: Gelar Kegiatan Kebersamaan, Ormawa Undhari Jadikan Ramadan Sebagai Bulan Tarbiyah

Penulis: Ivan Rionaldo Lutfie | Editor: Khadijah