11.855 Pemilih Disabilitas di Sumbar, KPU Berikan Kemudahan di TPS

Anggota KPU Sumbar Divisi Teknis Izwaryani
Anggota KPU Sumbar Divisi Teknis Izwaryani (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebanyak 11.855 pemilih disabilitas akan ikut menggunakan hak suaranya pada Pilkada serentak Desember 2020 mendatang.

Berdasarkan data yang dihimpun dari KPU Sumbar jumlah 11.855 pemilih disabilitas terdiri atas empat kategori diantaranya, disabilitas fisik sebanyak 5.057 orang, disabilitas intelektual 1.139 orang, pemilih penyandang disabilitas mental atau tunagrahita 2.794 orang dan disabilitas sensorik 2.865 orang.

baca juga: 1 Mahasiswa Tuna Rungu dari UM Sumatera Barat Ikuti Ujian Sidang Akhir

Anggota KPU Sumbar Divisi Teknis Izwaryani mengatakan, KPU memastikan akan memberikan kemudahan bagi pemilih berkebutuhan khusus untuk menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Mulai dari fasilitas untuk memudahkan akses menuju bilik suara bagi pemilih yang menggunakan kursi roda, hingga pendampingan bagi pemilih yang tidak didampingi oleh keluarganya.

baca juga: Lowongan CPNS Pemko Pariaman untuk Penyandang Disabilitas Tidak Pernah Terisi

"Kita akan berikan fasilitas dan kemudahan agar teman-teman berkebutuhan khusus tidak kesulitan di TPS. Namun yang difasilitasi hanya tunanetra saja, seperti template, surat suara braille, itupun bagi yang bisa membaca huruf braille," jelasnya, Rabu, 21 Oktober 2020 di Padang.

Sementara itu, untuk pemilih disabilitas lainnya, dia mengatakan tidak ada fasilitas khusus yang disediakan. Namun begitu, para petugas di TPS akan memberikan kemudahan jika pemilih disabilitas mengalami kesulitan. (*)

baca juga: Pemprov Sumbar Beri Kesempatan Kerja bagi Penyandang Disabilitas

Editor: Joni Abdul Kasir