Ditjen PHU Kebut Persiapan Mitigasi Haji dan Umrah

Rapat konsolidasi Ditjen PHU di Jakarta
Rapat konsolidasi Ditjen PHU di Jakarta (kemenag.go.id)

KLIKPOSITIF - Pelaksana Tugas Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Plt Dirjen PHU) Oman Fathurahman meminta jajarannya untuk segera menyiapkan mitigasi pelaksanaan haji dan umrah 2021.

Pesan ini disampaikan Oman saat memimpin rapat konsolidasi Ditjen PHU, di Jakarta. "Perintah Menag, untuk segera melakukan konsolidasi untuk memetakan prioritas program terdekat yang harus diselesaikan dalam tiga bulan ke depan," kata Oman, Rabu (21/10/2020) yang dikutip dari laman Kemenag .

baca juga: Deteksi Dini Konflik Keagamaan, Kemenag Siapkan Aplikasi Ini

Dalam rapat yang dihadiri Pejabat Eselon II di lingkungan Ditjen PHU ini, Oman menekankan perlunya pemetaan dan penentuan skala prioritas program kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu yang relatif singkat tersebut.

"Skala prioritas penting, untuk menjalankan program kegiatan haji dan umrah dengan mempertimbangkan aspek signifikansi dan urgensitasnya," tutur pria yang juga menjabat sebagai Juru Bicara Kementerian Agama ini.

baca juga: DPR dan Kemenag Mulai Bahas Persiapan Operasional Haji 2021

Ia mencontohkan beberapa hal strategis dan prioritas yang harus segera diselesaikan dalam waktu dekat. Antara lain, terkait akan dibukanya penyelenggaraan umrah oleh pemerintah Arab Saudi dan persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021.

"Utamakan hal-hal strategis yang memiliki dampak penting di PHU. Ditjen PHU memiliki tantangan yang luar biasa. Misalnya, persiapan dibukanya umrah dan penyelenggaraan haji tahun depan, harus sudah dipersiapkan dengan serius mulai dari sekarang," tegasnya.

baca juga: Bagaimana Jaminan Produk Halal dalam UU Cipta Kerja, Ini Jawab Kemenag

Oman ditunjuk menjadi Plt. Dirjen PHU menggantikan posisi Nizar Ali yang mendapat amanah sebagai Sekjen Kemenag , pada Selasa, 20 Oktober 2020.

Editor: Haswandi