Harga Minyak Dunia Turun Lagi, Akibat Kekhawatiran Meningkatnya Kasus Corona

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Harga minyak dunia anjlok lebih dari 3 persen terpicu meningkatnya kasus positif virus corona atau Covid-19 di sejumlah negara di dunia yang membuat kekhawatiran akan permintaan bahan bakar.

Dilansir dari CNBC, Kamis (22/10/2020) minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional, ditutup anjlok 1,43 dollar AS atau 3,3 persen menjadi 41,73 dollar AS per barel.

baca juga: Ekonomi RI Diklaim Sudah Lewati Masa Kritis

Sedangkan harga minyak patokan Amerika Serikat, West Texas Intermediate (WTI), anjlok 1,67 dollar AS atau turun 4 persen menjadi 40,03 dollar AS per barel. Persediaan minyak mentah Amerika turun 1 juta barel dalam sepekan hingga 16 Oktober menjadi 488,1 juta barel, sementara stok bensin melonjak, menunjukkan melemahnya permintaan bahan bakar.

Pada Selasa, Menteri Energi Rusia mengatakan masih terlalu dini untuk membahas masa depan pembatasan produksi minyak global setelah Desember, kurang dari sepekan setelah menyatakan rencana untuk mengurangi pembatasan produksi harus dilanjutkan.

baca juga: Paket Stimulus AS Dorong Kenaikan Emas Dunia

Awal tahun ini, Organisasi Negara Eksportir Minyak (OPEC) dan sekutunya termasuk Rusia - bersama-sama dikenal sebagai OPEC Plus - sepakat untuk memangkas pengurangan produksi pada Januari dari 7,7 juta barel per hari (bph) saat ini menjadi sekitar 5,7 juta bph.

Pada saat bersamaan, anggota OPEC Libya, yang dibebaskan dari pakta pemotongan tersebut, juga meningkatkan produksi setelah konflik bersenjata menutup hampir semua produksinya pada Januari. Produksi pulih kembali menjadi sekitar 500.000 bph dengan Tripoli memperkirakan angka itu menjadi dua kali lipat pada akhir tahun.

baca juga: Minyak Dunia Bergerak Naik, Dampak Inggris Setujui Vaksin

Pertarungan atas RUU bantuan virus corona AS yang besar dan kuat akan berlanjut hingga Rabu ketika Gedung Putih dan Partai Demokrat berupaya untuk mencapai kesepakatan sebelum pemilu 3 November.

Editor: Ramadhani