Polres Payakumbuh Musnahkan Barang Bukti Ganja Seberat 98,3 Kg

Pemusnahan barang bukti ganja seberat 98,3 kg di Polres Payakumbuh.
Pemusnahan barang bukti ganja seberat 98,3 kg di Polres Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Kepolisian Resor (Polres) Payakumbuh memusnakahkan barang bukti narkotika jenis ganja seberat 98,3 kilogram atau 98.380 gram. Barang bukti tersebut diamankan pada saat melakukan penangkapan terhadap empat orang tersangka pengedar pada 6 Oktober lalu.

Pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan dengan cara dibakar, setelah ada ketetapan dari kejaksaan sehingga dapat dimusnahkan. Hadir pada giat tersebut Dandim, Kejaksaan Negeri Payakumbuh , Pengadilan Negeri Payakumbuh , dan Sekda Kota Payakumbuh .

baca juga: Kejari Payakumbuh Tak Tutup Kemungkinan Adanya Tersangka Baru Terkait Dugaan Korupsi Penyimpangan Dana COVID-19

Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira mengatakan, ganja yang dimusnahkan tersebut setelah dilakukan penimbangan dan penyisihan dari masing-masing paket yang berjumlah 100 gram.

"Pada saat penangkapan telah diamankan 100 paket besar ganja dengan berbagai ukuran. Setelah penimbangan totalnya 98.480 gram dan telah di sisihkan dari masing-masing paket dengan total 100 gram, total yang dimusnahkan kali ini 98.380 gram," katanya, Kamis (22/10).

baca juga: Kuasa Hukum Ungkap Alasan Kadinkes Payakumbuh Ajukan Surat Penangguhan Penahanan

Sebelumnya, empat tersangka yang diduga sebagai pemilik barang haram tersebut telah diamankan, yaitu adalah EP (25), DA (21), PD (24) dan VR (22), semuanya merupakan warga Kota Padang.

"Hingga saat ini masih melakukan pengembangan dari kasus tersebut dan tentunya masih menunggu perkembangan dari personel kami di lapangan," ujarnya.

baca juga: Grebek Jemaah Subuh di Masjid, Aksi Safari Subuh ACT Payakumbuh Berikan Keberkahan Santapan Pagi Gratis

Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda mengharapkan penangkapan ini dapat memberikan efek jera kepada oknum yang tidak bertanggung jawab dalam mengedarkan narkotika.

"Saya berharap hal seperti ini (pengedaran ganja) tidak terjadi lagi, khususnya untuk Kota Payakumbuh ," ujarnya.

baca juga: Kadinkes Payakumbuh Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Penyimpangan Dana COVID-19

Pemko Payakumbuh sendiri juga telah memberikan penghargaan kepada Polres Payakumbuh pada Kamis (8/10) atas keberhasilan dalam menghentikan pengedaran narkotika jenis ganja tersebut. (*)

Editor: Taufik Hidayat