Tanah Datar Kembangkan Bibit Bawang Merah Jadi Varietas Unggulan

Panen Bawang Merah di Tanah Datar
Panen Bawang Merah di Tanah Datar (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar siap mengembangkan Bibit Bawang Merah yang ada di Nagari Sungai Jambu, Kecamatan Pariangan, menjadi varietas unggulan daerah dan nasional .

"Saat ini kita masih memakai bibit SS Sakato dari Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, dan pada 2021 akan dikembangkan bibit Bawang Merah Nagari Sungai Jambu menjadi varietas nasional dan di daerah kita," ucap Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar Yulfiardi di Pagaruyung, Kamis 22 Oktober 2020.

baca juga: Hari Ini, 22 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19

Ia menyebut produksi tanaman Bawang Merah cukup tinggi dan harga jualnya di Tanah Datar relatif stabil sehingga pengembangan Bawang Merah menjadi potensi dalam peningkatan taraf perekonomian masyarakat terutama petani.

"Produktivitas dan hasil panen Bawang Merah akhir-akhir cukup baik yakni sekitar 11 sampai 12 ton per hektare," tutur Yulfiardi.

baca juga: Ekonomi RI Diklaim Sudah Lewati Masa Kritis

Sementara, untuk kebutuhan benih bawang merah dalam 1 hektare mencapai 1.000 kilogram dengan harga sekitar Rp30 ribu sampai Rp35 ribu per kilogram. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri