Gelar Evaluasi Pengawasan Orang Asing, Kemenkumham Sumbar: Ada 400 Orang Asing, Padang dan Agam Terbanyak

Evaluasi Pelaksanaan Pengawasan Orang Asing Kanwil Kemenkumham Sumbar
Evaluasi Pelaksanaan Pengawasan Orang Asing Kanwil Kemenkumham Sumbar (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat (Kanwil Kemenkumham Sumbar) menggelar Evaluasi Pelaksanaan Pengawasan Orang Asing dan Diseminasi Permenkumham 26 Tahun 2020.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar Suharman mengatakan, untuk mencapai tujuan dalam pengawasan orang asing di Sumbar, perlu sinergi dan koordinasi dari unsur-unsur terkait.

baca juga: PALAPA: Menuju Sinergi dan Integrasi

"Saat ini terdapat lebih kurang 400 orang asing di Sumbar. Paling banyak di Kota Padang dan Kabupaten Agam.

Di Agam itu ada jumlahnya 99 orang," katanya di Padang, Kamis (22/10/2020).

baca juga: Sandiaga Uno Akan Kembali Berkampanye di Beberapa Daerah di Sumbar

Suharman menambahkan, para orang asing yang memiliki izin tersebut datang ke Sumbar dengan berbagai keperluan, diantaranya ada yang izin untuk bekerja, serta izin menetap karena memiliki keluarga. "Kewajiban mereka sesuai dengan izin yang diajukan ke Keimigrasian. Hasil monitoring selama ini sudah sesuai," ujarnya.

Sementara itu, Kasubdit Intelijen Keimigrasian Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumbar Farid menambahkan, sejak pandemi COVID-19 ini, orang asing yang datang ke Sumbar berkurang karena adanya pembatasan kedatangan pesawat dari luar negeri.

baca juga: Terduga Teroris Abu Singgalang Ditangkap Densus 88 di Sumbar

"Sementara itu, orang asing yang masuk melalui jalur domestik, tetap kita koordinasikan dengan dinas terkait seperti perhubungan dan kepolisian," katanya.

Kemudian, lanjutnya, sejak Maret hingga 5 Oktober 2020 lalu, pihaknya memberikan pemberian ijin tinggal dengan keadaan terpaksa karena pandemi COVID-19 sesuai dengan Permenkumham 26 Tahun 2020.

baca juga: Foresthree Coffee Resmikan Outlet Cabang Batang Arau

Editor: Muhammad Haikal