BNPB Bantu Sumbar Rp19 Miliar Atasi Abrasi Pantai

Abrasi pantai dekat dari Masjid Al-Hakim, Pantai Padang
Abrasi pantai dekat dari Masjid Al-Hakim, Pantai Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) menyerahkan bantuan sebesar Rp 19 miliar untuk penanganan abrasi pantai di Kota Padang.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Sekretaris Utama (Sestama) BNPB Harmensyah kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di ruang rapat Istana Gubernuran, Rabu (21/10).

baca juga: Ratusan warga Mengungsi Saat Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas

Sestama BNPB Harmensyah mengatakan, panganan abrasi pantai di Padang perlu disegerakan. Kalau dibiarkan berbahaya seperti di Masjid Al-Hakim, Tugu Merpati dan serta fasilitas umum lainnya. Dibiarkan akan tergerus oleh abrasi dan terjadi kerusakan bangunan.

"Ini berdampak cukup besar terhadap hajat hidup orang banyak, dan dapat menyelamatkan aset infrastruktur yang dibangun di kawasan pantai tersebut," ucap Harmensyah.

baca juga: Aktivitas Merapi Meningkat, Lebih dari Seribu Orang Dievakuasi

Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, atas nama pemerintah dan masyarakat Sumbar mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan bantuan yang diberikan BNPB . Menurutnya, bantuan tersebut sangat penting untuk penanganan bencana abrasi pantai di Padang.

"Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada BNPB . Semoga ke depan perhatian dari pusat tetap terus ada untuk membantu kita di daerah," jelas Irwan Prayitno.

baca juga: Banyak Masyarakat Tak Percaya, Ketua Satgas: Covid-19 Bukan Konspirasi

Abrasi air laut semakin hari semakin mengikis sampai ke fasilitas umum, seperti di areal masjid Al-Hakim, Tugu Merpati, dan daerah pantai Pasir Jambak hingga sampai ke jalan raya. BNPB memberikan bantuan dengan total 19 milyar.

"Diperkirakan penanganan bencana abrasi untuk Masjid Al-Hakim sebanyak 9 miliar, di Tugu Merpati 7 miliar, dan di pasir jambak 3 miliar, totalnya 19 miliar," bebernya.

baca juga: BPBD Sumbar Kerahkan Helikopter untuk Pencarian Korban Hilang Suayan

Irwan Prayitno berharap agar pembangunan segera dilaksanakan. Sebab, semakin cepat semakin baik.(*)

[Hms-Sumbar]

Editor: Joni Abdul Kasir