DPR Sebut Pertisipasi Masyarakat Pada Pilkada 2020 Pasti Menurun

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Partipasi masyarakat dalam penyelanggaraan Pilkada serentak 2020 kemungkinan bakal menurun. Hal ini disampaikanWakil Ketua Komisi II DPR RI Yaqut Cholil Qoumas

Hal ini, kata dia, mengingat pelaksanaannya pada 9 Desmeber mendatang masih dalam masa pandemi Covid-19. Yaqut berujar, sebagian besar masyarakat masih memiliki kekhawatiran akan berpotensi terpapar Covid-19 apabila mereka harus memaksakan diri mendatangi TPS untuk mencoblos surat suara.

"Yang pertama tentu partisipasi pasti akan turun. Apapun usahanya saya meyakini, saya meyakini partisipasi akan turun. Jadi orang akan enggan datang ke TPS karena kekhawatiran- kekhawatiran," kata Yaqut dalam diskusi daring Policy Center ILUNI UI, Jumat (23/10/2020) dilansir dari Suara.com.

baca juga: Ekonomi RI Diklaim Sudah Lewati Masa Kritis

Upaya dari KPU sebagai penyelanggara Pilkada untuk mensosialisasukan kepada masyarakat agar tidak khawatir mendatangi TPS karena sudah ada langkah pencegahan penularan Covid-19 juga dirasa bekum maksimal. Hal tersebut yang juga dapat berdampak terhadap turunnya partisipasi.

"Saya belum menemukan sosialisasi yang maksimal gitu yang optimal dari penyelanggara ini menyampaikan kepada publik, menyampaikan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan yang akan dilaksanakan di TPS nanti. Sehingga saya memiliki keyakinan dengan cara seperti ini masyarakat akan enggan datang ke TPS karena ketakutan mereka akan terinfeksi oleh Covid-19 ini," kata Yaqut.

baca juga: Nilai Bukan Delik Aduan, FPI: Jika Polisi Profesional Harusnya Tangkap Pengancam Rizieq

Editor: Ramadhani