Sudah Lama Mangkrak, Andre Rosiade Lanjutkan Pembangunan Masjid di Lunang Pessel

Bangunan Masjid Nurul Iman di Lunang yang terbengkalai.
Bangunan Masjid Nurul Iman di Lunang yang terbengkalai. (Ist)
PESSEL , KLIKPOSITIF

—Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade menjadi solusi bagi warga Lunang Utara, Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ) untuk pembangunan Masjid Nurul Iman, Jorong Talang Medan, Nagari Lunang Utara.

Pasalnya, sudah beberapa tahun sejak dimulai pembangunan fondasi dan kerangka masjid, sampai hari ini masih terbengkalai. Semak belukar pun mulai menyesaki bangunan.

baca juga: Andre Rosiade Beri Motivasi Puluhan Pelaku UMKM di Limapuluh Kota

Rabu (21/10/2020), anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI itu menyalurkan bantuan pembangunan masjid senilai Rp100 juta dari PKBL (program kemitraan bina lingkungan).

Andre Rosiade bersama rombongan disambut dengan tari pasambahan okeh masyarakat Lunang, Pessel.
Andre Rosiade bersama rombongan disambut dengan tari pasambahan okeh masyarakat Lunang, Pessel.

Tak heran, bantuan ini menjadi pelepas dahaga pengurus dan warga yang ingin masjid ini segera dituntaskan pembangunannya.

baca juga: Andre Rosiade: Erman Safar Wali Kota Bukittinggi Pilihan Rakyat

"Tahun ini kita bantu Rp100 juta dulu. Tahun depan lanjutan semoga bisa Rp100 juta lagi," kata Andre yang melakukan kunjungan ke Lunang Utara didampingi Wakil Ketua DPRD Pessel Hakimin yang juga Sekretaris DPC Partai Gerindra Pessel dan tokoh muda Pessel Rudi Hariansyah.

Andre Rosiade menyerahkan bantuan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) kepada perwakilan masyarakat
Andre Rosiade menyerahkan bantuan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) kepada perwakilan masyarakat

Hakimin menyebutkan, sejak dibangun empat tahun lalu, belum ada bantuan dari pemerintah setempat untuk pembangunannya. Bahkan, belum pernah ada pejabat daerah yang datang ke lokasi ini.

baca juga: Kawal Kemenangan NA-IC, Andre Koordinasi dengan DPC Gerindra Payakumbuh dan Limapuluh Kota

"Karena itu melalui kami pengurus masjid menitipkan proposal kepada pak Andre. Alhamdulillah langsung direalisasikan hari ini," kata Hakimin, anggota DPRD Pessel Dapil V (Lunang, Basa IV Balai Tapan, Pancung Soal, Ranah Ampek Hulu Tapan dan Silaut) ini.

Selain itu, Andre juga mendapatkan masukan dan harapan dari warga Lunang Utara. Seperti pembangunan ruang kelas baru (RKB) Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Lunang Utara.

baca juga: Hari Ini Pasien Sembuh COVID-19 di Pessel Bertambah 9 Orang, Positif Baru 5 Orang

Kemudian, juga ada permintaan untuk mendukung kegiatan gotong royong tanam massal di Lunang Utara yang dijadwalnkan Desember 2020 ini.

Dahlil, tokoh masyarakat sekitar menyebutkan, di Lunang Utara saat ini sudah banyak yang menjadi sarjana, baik S1 ataupun S2. Namun sayang, mayoritas saat ini hanya menjadi pengangguran.

Warga juga meminta pembangunan sejumlah ruas jalan yang rusak dan mangkrak. "Kami minta pak Andre memberikan peluang pekerjaan kepada anak-anak kami ini," kata Dahlil yang juga menyampaikan kebutuhan untuk ibu-ibu PKK, sanggar tari sampai bibit lele.

Tokoh lainnya Darwis Imam Malin punya harapan pemekaran daerah mereka menjadi Kabupaten Renah Indo Jati. "Kami melihat, usulan ini sudah mentah lagi dan tidak terdengar lagi gaungnya. Semoga pak Andre bisa membantu," katanya.

Wali Nagari Lunang Utara, Etriadi menyebutkan, ada Batang Sunai Sukun di daerah mereka yang kondisinya abrasi. "Tali bandar di BSK 1, 2 dan 3 juta sudah rentan," katanya.

"Kami minta dibantu cor agar bisa mengairi sawah 2.500 hektare, termasuk bantuan lapangan sepakbola yang belum memadai di kampung kami. Mohin Pak Andre terima aspirasi kami ini," sambung Etriadi.

Andre Rosiade menyebutkan, akan membantu RKB MAS Lunang Utara. Begitu juga siap menyukseskan kegiatan goro tanam massal Desember.

"Kami siap bantu kegiatan-kegiatan di Lunang Utara ini," katanya.

Namun soal jalan, bantuan pertanian, pemekaran dan sejenisnya, lanjut Andre, tentu akan dibereskan oleh Bupati baru yang diusung Gerindra .

"Kami akan kawal sebagai ketua DPD Gerindra Sumbar," imbuh Ketua Harian Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Begitu juga dengan perbaikan abrasi sungai, pembangunan stadion sepakbola, sampai dengan pembersihan tali bandar, Andre minta diselesaikan oleh Bupati dari Partai Gerindra .

"Kita akan berbagi tugas untuk menyelesaikan harapan dari warga di sini. Karena ada tugas masing-masing. Kalau calon Gerindra menang, insya Allah tuntas," kata anggota Dewan Pembina Partai Gerindra ini.

Selepas itu, Andre juga bersilaturahmi dengan warga Lunang 3 di Kecamatan Lunang. Di sana, Andre menyerap aspirasi warga yang ingin bertemu dengan wakil rakyat.

"Sudah berapa lama kami di Lunang 3, baru kali ini ada anggota DPR RI yang datang. Menyapa dan berdialog dengan kami. Biasanya kami hanya melihat pak Andre di televisi saja," kata Wali Nagari Lunang 3 M Sabirin SH.

Pada kesempatan itu, M Sabirin juga memberikan usulan-usulan pembangunan di Lunang 3 kepada Andre Rosiade dan usulan teraebut langsung ditampung oleh Andre Rosiade .

"Kami terima seluruh aspirasi dari warga. Selanjutya, kami akan minta Wakil Ketua DPRD Pessel Hakimin untuk mengumpulkannya dan menyampaikan dalam bentuk proposal resmi," kata Andre Rosiade .

Andre dan tim juga menyempatkan ke Rumah Gadang Mande Rubiah di Lunang. Di sana, Anggota DPRD Hakimin mempertemukan Andre dengan keluarga besar Mande Rubiah Lunang.

"Terima kasih pak Andre yang sudah datang ke rumah 'bundo kanduangnya' Lunang ini. Semoga harapan-harapan warga di sini bisa kita wujudkan bersama-sama," kata Hakimin.

Andre Rosiade menyebutkan, akan menghimpun semua aspirasi di Kecamatan Lunang dan mengeksekusinya.

"Kami akan kembali Februari 2021, semoga sudah bisa memenuhi harapan warga. Baik dari DPR RI, DPRD Sumbar sampai DPRD Pessel . Juga dari Bupati yang diusung Partai Gerindra ," kata Andre Rosiade . (*)

Editor: Riki