Ini Tema MTQ Nasional ke-28 di Sumbar

Logo MTQ Nasional di Sumbar
Logo MTQ Nasional di Sumbar (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sumatera Barat dipercaya menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ ) Tingkat Nasional ke XXVIII tahun 2020.

Di Sumbar MTQ Nasional bertema "Dengan MTQ Kita Wujudkan SDM Unggul, Profesional dan Qur'anni Menuju Indonesia Maju".

baca juga: Amien Rais Ingatkan MUI Hal Ini, Ada Apa?

Kabiro Bina Mental Pemprov Sumbar Syaifullah menjelaskan, tema tersebut sangat nasional dan pas dengan cita-cita bangsa saat ini.

Dilanjutkan, ada beberapa sub tema yang ingin dicapai dalam MTQ . Pertama, MTQ Nasional sebagai inspirasi mewujudkan masyarakat Indonesia maju dan religius. Kedua, sarana menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Ketiga, sarana pemberdaya dan peningkatan SDM unggul.

baca juga: Kemenag Cetak Naskah Khotbah? Wasekjen MUI: Asal Jangan Seperti Belanda Minta Tanah

Kemudian keempat, MTQ Nasional memperkokoh kehidupan umat beragama yang mengedepankan kejujuran dan toleran. Kelima mewujudkan masyarakat maju dan religius, keenam, menciptakan generasi Qurani, selanjutnya, membentuk karakter bangsa beragama untuk menuju Indonesia maju yang berperadaban dan mempererat kebhinekaan, kebangsaan dan persatuan umat.

"Kegiatan keagamaan bisa membentuk karakter manusia unggul dan sejalan antara ilmu dan iman," ujarnya, Selasa, 27 Oktober 2020.

baca juga: MTQN ke 28, Gubernur Sumbar Sampaikan Terima Kasih Kepada Semua Terlibat

Menurutnya, jika SDM sudah unggul, profesional dan Qur'anni maka persoalan di Indonesia bisa diselesaikan dengan baik dan cepat.

"Untuk itu sebagai tuan rumah kita harus sukses MTQ Nasional ini. Ini kedua kalinya kita dipercaya sebagai tuan rumah. Penyelenggaraan pertama di Sumbar tahun 1983," tukasnya. (*)

baca juga: Sumbar Juara Umum MTQ Nasional Kado Akhir Masa Jabatan Irwan Prayitno

Editor: Joni Abdul Kasir