Libur Panjang, Polres Payakumbuh Tingkatkan Pengawasan di Objek Wisata

Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira
Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Polres Payakumbuh lakukan pengawasan dan tingkatkan keamanan di tempat keramaian serta objek wisata.

Hal ini menyusul jadwal libur panjang dan cuti bersama mulai besok Rabu 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020 mendatang.

baca juga: Pemko Payakumbuh dan BNN Deklarasikan Kelurahan Bersinar

Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira mengatakan pengawasan dan pengamanan yang dilakukan di titik keramaian seperti objek wisata bekerja sama dengan Satpol-PP dan pengamanan swakarsa.

Menurutnya, pengamanan dan pengawasan yang dilakukan akan tetap menitikberatkan kepada pelaksanaan protokol kesehatan oleh masyarakat.

baca juga: Spanduk "Tolak Kedatangan Habib Rizieq Shihab di Ranah Minang" Sudah Hilang, Satpol PP Padang: Tidak Tahu

"Selama libur panjang, diharapkan seluruh masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan. Apabila ingin keluar dari rumah, tetaplah pertimbangkan sisi protokol kesehatan," kata AKBP Alex Prawira.

Ia menjelaskan bahwa Kota Payakumbuh dalam beberapa hari ini mengalami peningkatan jumlah kasus positif COVID-19. Sehingga dikatakannya diperlukan kesadaran bersama untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

baca juga: Ada Spanduk Tolak Kedatangan Habib Rizieq Shihab di Ranah Minang, Warga: Ada Tiga Orang yang Pasang

"Tapi yang pasti kami akan tetap mengimbau masyarakat untuk tetap mengurangi aktifitas di luar rumah apabila memang tidak ada hal yang mendesak. Sebab dengan demikian potensi untuk penyebaran dapat dikurangi," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa personel Polres Payakumbuh juga akan tetap melakukan kegiatan lainnya, seperti pengamanan kerawanan kriminalitas dan permasalahan kemacetan yang bisa saja timbul selama libur panjang. Meskipun dalam kondisi libur , Kapolres Payakumbuh menjelaskan pengawasan dan pengamanan tetap dilakukan pihak kepolisian.

baca juga: Positif Covid-19, Anies Baswedan Imbau Hal Ini

Sementara itu, Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) melalui Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto juga mengimbau kepada masyarakat yang akan menikmati libur panjang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang mau berlibur di tempat wisata khususnya di wilayah Sumbar, untuk tetap mengikuti protokol kesehatan.

"Hal ini dimaksudkan agar mengantisipasi terjadinya penambahan kasus positif COVID-19 dan juga menjadi klaster baru di tengah pandemi Covid-19. Saat berkunjung ke tempat objek wisata, marilah selalu menggunakan masker dan menjaga jarak serta jangan sampai berkerumun di tempat keramaian," katanya.

Ia pun juga mengajak untuk mencegah penyebaran dan COVID-19 agar sebaiknya beraktivitas di rumah saja. Namun dikatakannya bahwa sebaiknya saat libur bersama ini masyarakat tetap di rumah saja bersama keluarga dan kalaupun keluar, jangan lupa protokol kesehatan.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri