Meski Terlilit Kasus Korupsi, Wiranto Tetap Dukung Ahok di Pilkada DKI Jakarta

Wiranto, Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat
Wiranto, Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat ()

KLIKPOSITIF - Ketua Umum DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menegaskan kasus reklamasi Teluk Jakarta dan RS Sumber Waras yang menjerat Basuki Tjahya Purnama alias Ahok tak berpengaruh pada dukungan partainya. Wiranto mengatakan partainya tetap akan mendukung Ahok untuk Pilkada DKI 2017 nanti.

"Meskipun kini Ahok berada dalam pusaran namun hal itu tak menyurutkan langkah dukungan kepada Ahok ," ujarnya.

baca juga: Respon Wafatnya Tengku Zulkarnain, Ini Pesan Ahok

Dia menjelaskan gaoyongan seperti ini adalah hal yang biasa. Calon manapun tatkala mau maju ada goyangan dan gangguan. "Itu anggap saja suatu dinamika politik," kata Wiranto usai melantik jajaran pengurus DPD Partai Hanura Bali, Rabu 13 April 2016.

Dia menjelaskan Ahok saat ini tengah diperiksa sebagai saksi dalam kasus tersebut. Namun dia tak bisa memjamin jika calonnya di Pilkada DKI Jakarta itu tak terlibat kasus korupsi megaproyek reklamasi Teluk Jakarta dan pembangunan RS Sumber Waras.

baca juga: Refly Harun : Selama UU Kementerian Tidak Diubah, Maka Selamanya Ahok Tidak Bisa Jadi Menteri

"Dia sekarang diperiksa sebagai saksi. Soal jaminan dia tidak terlibat tanya saja sama KPK, saya kan tidak memeriksa," kilahnya.

Meski bgitu, dia menegaskan partainya tak akan menarik dukungan untuk Ahok . "Ini kayak jual makanan saja, maju mundur maju mundur. Sekali kita mendukung tetap mendukung. Kenapa, kita mendukung Ahok itu karena kita melihat kinerjanya, hasil kerjanya. Melihat bukti-bukti yang sudah ditunjukkan," jelas dia.

baca juga: Nama Ahok Disebut Jadi Kandidat Menteri, Ahli Sebut Menurut UU Tak Mungkin Terjadi

Wiranto mengaku telah membandingkan sejumlah gubernur yang pernah memimpin Ibu Kota. "Tatkala kita memberi penilaian dari satu komparasi berbagai gubernur dari mulai Pak Ali Sadikin sampai kemarin terakhir itu Foke, kita menilai semuanya itu. Dan dari situ kita menarik kesimpulan, Ahok bisa kerja. Ahok bisa membawa Jakarta lebih maju lagi," ujarnya.

Penulis: Fitria Marlina