DPRD Sumbar Minta Pemprov Buat Aturan Khusus Terkait Pelaksanaan MTQ Saat Pandemi

Ilustrasi
Ilustrasi (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat meminta pemerintah daerah provinsi membuat protokol kesehatan khusus terkait pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ ) Nasional, yang akan dilaksanakan di Sumbar November 2020 mendatang.

Ketua DPRD Sumbar , Supardi mengatakan, MTQ merupakan ajang nasional sehingga semua pihak berkewajiban menyukseskan kegiatan ini, terlebih dari pro dan kontra yang ada di masyarakat, karena dilaksanakan di masa pandemi yang masih menghantui Sumbar .

baca juga: Pandemi Covid-19, Irwan Prayitno Minta Perkuat Sinergitas Pemulihan Ekonomi

"Kita meminta kepada gubernur agar membuat Standar Operasional (SOP) atau protokol khusus tentang kegiatan MTQ ini dengan protap COVID-19, sehingga protap ini tak bisa disangkutkan dengan protokol kesehatan yang sudah ada saja atau Perda Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), tapi juga gubernur mengeluarkan semacam pergub atau peraturan lain yang khusus menyikapi kegiatan MTQ sehingga ketika MTQ digelar di Sumbar tidak menjadi kluster baru COVID-19," katanya saat dihubungi di Padang, Selasa, 27 Oktober 2020.

Ia mengatakan, SOP selama pelaksanaan MTQ seperti apa, protap seperti apa dan siapa yang akan mengawasi hal ini juga harus jelas, sehingga kesiapan pelaksanaan MTQ dengan protap COVID-19 jelas.

baca juga: Harumkan Nama Sumbar, Gubernur Serahkan Bonus Ratusan Juta ke Kafilah

"Sampai hari ini DPRD belum melihat hal itu seperti apa. Dan ini tentunya juga harus disosialisasikan segera, bagaimana tamu dan peserta yang masuk ke Sumbar juga harus di swab, protokol kesehatan di penginapan juga harus jelas, serta detail setiap kegiatan dalam melaksanakan protokol kesehatan ini, termasuk masyarakat yang menerima tamu juga dipastikan sehat, sehingga protapnya jelas dan terukur," tuturnya.

MTQ Nasional ke XXVIII akan dilaksanakan November mendatang. Hingga 26 Oktober 2020 sudah 33 provinsi yang menyatakan ikut. Selain itu, pemerintah provinsi juga memastikan venue untuk lokasi pembukaan acara juga telah disiapkan. (*)

baca juga: Fakta Baru, Virologi Jerman Sebut Virus Covid-19 Berasal dari Itali

Editor: Fitria Marlina