Tetap Layani Warga Saat Pandemi, BPJS Kesehatan Payakumbuh Maksimalkan Layanan PANDAWA

Suasana di Kantor BPJS Payakumbuh terlihat sepi pasca layanan non tatap muka melalui Layanan PANDAWA
Suasana di Kantor BPJS Payakumbuh terlihat sepi pasca layanan non tatap muka melalui Layanan PANDAWA (Ade Suhendra)
PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -

Pandemi COVID-19 di Payakumbuh terus meningkat, beberapa instansi pun kurangi aktivitas tatap muka dengan masyarakat. Salah satunya BPJS Kesehatan Payakumbuh yang hadirkan Layanan Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Payakumbuh Febri Yanti didampingi Kabid SDM Umum dan Komlik Indra Jaya mengatakan Layanan PANDAWA ini dapat diakses dengan mengirimkan pesan ke nomor 0812 7572 0766. Sehingga walaupun tidak bisa bertatap muka untuk mengurus layanan BPJS Kesehatan, masyarakat tetap bisa memanfaatkan layanan tersebut tanpa harus datang ke Kantor BPJS Cabang Payakumbuh yang berada di Kawasan Simpang Benteng Jalan Ade Irma Suryani No.10 A, Labuh Baru, Kec. Payakumbuh Utara.

baca juga: Pilkada Damai, Aman, dan Sehat Dideklarasikan di Kota Payakumbuh

"Hal ini kami lakukan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Selain layanan PANDAWA, berbagai layanan Administrasi lainnya juga masih bisa dimanfaatkan masyarakat melalui Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 serta WhatsApp ke CHIKA di nomor 0811 875 0400," kata Kepala BPJS Kesehatan Payakumbuh , Rabu 28 Oktober 2020.

Ia menjelaskan layanan yang bisa diakses di PANDAWA diantaranya, pendaftaran baru peserta, penambahan anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, perubahan jenis kepesertaan dan lainnya. BPJS Kesehatan Payakumbuh sendiri saat ini membawahi tiga daerah yaitu Kota Payakumbuh , Kabupaten Lima Puluh Kota, dan Kabupaten Tanah Datar.

baca juga: Pemko Payakumbuh dan BNN Deklarasikan Kelurahan Bersinar

"Walaupun telah menerapkan pelayanan berbasis aplikasi atau digital. Namun bagi warga yang terlanjur datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh tetap dilayani dan harus mematuhi Protokol Kesehatan yang diterapkan di lingkungan kantor.

Menurutnya jika masyarakat masih terkendala dalam pelayanan maka BPJS juga menyediakan layanan jemput bola. Dimana masyarakat bisa melapor kepada walinagari atau lurah dan nantinya petugas BPJS yang akan berkoordinasi terkait keluhan ataupun layanan yang ingin diakses masyarakat tersebut.

baca juga: Terpilih di TC GSI Nasional, Sebanyak 3 Pelajar SMP Payakumbuh Berpeluang Tembus Timnas U-16

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi