KPU Tanah Datar Tempelkan DPT di Tempat Umum, Warga Diminta Memeriksanya

Anggota PPS menempelkan DPT di Kantor Wali Nagari Andaleh Baruh Bukit, Kecamatan Sungayang
Anggota PPS menempelkan DPT di Kantor Wali Nagari Andaleh Baruh Bukit, Kecamatan Sungayang (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Datar mengumumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Serentak Lanjutan 2020 yang ditempel di kantor wali nagari, jorong dan tempat umum lainnya sekitar Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Kita mengharapkan masyarakat dapat mengecek namanya apakah terdaftar dalam DPT atau belum," ucap Komisioner KPU Tanah Datar Fitri Yenti saat monitoring penempelan DPT, Rabu 28 Oktober 2020.

baca juga: Hari Ini, 22 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19

Koordinator Divisi Program, Data, dan Informasi ini menyebut pengumuman DPT kepada masyarakat berdasarkan Peraturan KPU Nomor 19 Tahun 2019 untuk memastikan pemilih yang berhak memilih pada Pilkada Serentak 2020 masuk dalam DPT.

"Bila masih ada warga yang berhak memilih belum terdaftar dalam DPT, tidak perlu khawatir, masih bisa menggunakan hak pilihnya dengan membawa KTP Elektronik di hari pemungutan suara, 9 Desember 2020," tutur Fitri.

baca juga: Simpan 8 Paket Sabu di Lemari, Seorang Pemuda Dibekuk Polres Tanah Datar

Disebutkan, KPU Kabupaten Tanah Datar telah menetapkan DPT sebanyak 262.891 orang terdiri dari pemilih laki-laki 129.397 orang dan perempuan sebanyak 133.494 orang dimana tersebar di 879 TPS, 75 nagari, dan 14 kecamatan.

Ia menyebut KPU terus berupaya mewujudkan Pilkada yang berkualitas dengan menghasilkan daftar pemilih yang berkualitas.

baca juga: Hari Ini, 11 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, Meninggal 1 Orang

"Kita tidak ingin masyarakat yang sudah memiliki hak pilih itu tidak terdaftar dalam daftar pemilih," tutur Fitri.

Ia mengajak kepada seluruh masyarakat dan pemegang kebijakan untuk ikut menyukseskan Pillkada Serentak Lanjutan 2020 ini.

baca juga: Kodim Tanah Datar Gelar Komunikasi Sosial, Dandim Harapkan Hal ini

"Kita berharap tim pemenangan pasangan calon, Bawaslu dan instansi lainnya dapat ikut menyosialisasikan kepada masyarakat jika ada yang masih belum terdata atau belum terdaftar dalam DPT untuk dapat menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan KTP elektronik di hari pemungutan suara," harapnya.

Ia juga menegaskan di tengah wabah COVID-19 ini kepada seluruh jajaran KPU untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menerapkan prilaku hidup sehat. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi