Bawaslu Pariaman Bentuk Saka Adhyasta untuk Mendukung Pengawasan Pemilu

Koodinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Pariaman, Ulil Amri
Koodinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Pariaman, Ulil Amri (Rehasa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman , Sumatera Barat (Sumbar) membentuk Saka Adhyasta untuk mendukung pengawasan partisipatif pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) provinsi itu.

Perihal itu dijelaskan oleh Komisioner Bawaslu Sumbar, Vifner saat membuka kegiatan pengukuhan Saka Adhyasta di Pariaman .

baca juga: FYC Kota Pariaman Gelar Capacity Building

"Walau pun secara hirarki dan kelembagaan pengawasan pemilu ada di tangan Bawaslu, namun secara demokrasi pengawasan pemilu berada di tangan masyarakat," kata Komisioner Bawaslu Sumbar, Vifner saat membuka kegiatan pada Pengukuhan Saka Adhyasta Bawaslu Kota Pariaman di Pariaman , Rabu 28 Oktober 2020.

Lebih lanjut, Vifner mengatakan, pemilu tidak saja hanya datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada hari pemilihan namun ada proses panjang yang harus dilalui.

baca juga: Pemko Pariaman Salurkan Zakat untuk Tukang Ojek dan Sopir Angkot

Dikatakannya proses panjang tersebut tentu tidak dapat diawasi sepenuhnya oleh Bawaslu saja sehingga diperlukan peran dari masyarakat.

"Oleh karena itu kami membuat beberapa terobosan bahkan memetakan potensi kerawanan," katanya.

baca juga: Cegah Pelanggaran Pilkada, Pemuda di Pariaman Buat Video Edukasi

Ia menyampaikan salah satu pihak yang dapat dirangkul untuk membantu Bawaslu yaitu Pramuka karena memiliki eksistensi di setiap daerah.

Apalagi berdasarkan anggaran dasar rumah tangga Pramuka , kata dia lagi, Pramuka bebas dari kepentingan politik dari pihak manapun.

baca juga: 1.602 Anggota KPPS dan Petugas TPU Kota Pariaman Ikuti Rapid Test COVID-19

Sementara itu, Koodinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Pariaman , Ulil Amri mengatakan Saka Adhyasta merupakan upaya yang dilakukan oleh Bawaslu RI untuk meningkatkan pengawasan pemilu.

"Ini merupakan terobosan Bawaslu yang dalam hal ini menggandeng mitra strategis yaitu Pramuka ," ujar dia.

Ia menyampaikan dilibatkannya Pramuka sebagai pengawas tidak saja untuk membantu Bawaslu namun juga mensosialisasikan Pilkada Sumbar yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020.

Sementara Pelaksana Tugas Ketua Kwartir Cabang 16 Gerakan Pramuka Kota Pariaman , Hendri mengatakan pembentukan Saka Adhyasta tersebut menunjukkan Bawaslu memerlukan bantuan pengawasan Pilkada sehingga ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengawasi Pilkada.

"Pengawasan partisipatif yang dilakukan Pramuka yaitu untuk mengawasi Pilkada yang tidak tersentuh oleh jajaran Bawaslu," kata dia.

Menurutnya, dengan diikutsertakan Pramuka sebagai pengawasan Pilkada maka dapat menjadi edukasi politik positif dalam hal demokrasi.

Penulis: Rehasa | Editor: Haswandi