Pengurus Dewan Kesenian Pariaman Dikukuhkan

Setelah peresmian dewan DKKP
Setelah peresmian dewan DKKP (i)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Pengurus Dewan Kesenian Kota Pariaman ( DKKP ) periode 2020 - 2025 dikukuhkan oleh Plt.Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin di Aula Balaikota Pariaman , Kamis (29/10/2020).

Pada kesempatan itu, Mardison mengatakan, banyaknya pengaruh arus globalisasi dan informasi saat ini, maka adat perlu dilestarikan.

baca juga: FYC Kota Pariaman Gelar Capacity Building

"Ya, caranya dengan pedulinya generasi muda saat ini terhadap perkembangan adat, budaya dan seni daerah, kami merasa bangga dan gembira atas antusias dan animo mereka dalam pelestarian seni dan budaya itu sendiri, " ungkap Plt.Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin.

Mardison menjelaskan juga, pelestarian seni dan budaya bukan suatu usaha bersifat elastis untuk membangkitkan feodalisme, tetapi merupakan upaya memelihara dan melindungi aset bangsa agar seluruh lapisan masyarakat mendukung pelaksanaan pembangunan bangsa dengan lebih berbudaya.

baca juga: Pemko Pariaman Salurkan Zakat untuk Tukang Ojek dan Sopir Angkot

"Sebab budaya merupakan aset penting terutama untuk pengetahuan dan memupuk jati diri bangsa. Berbagai upaya melalui gelar seni dan budaya misalnya terus menerus dilakukan dalam menjaga tingkat keterawatannya agar kondisi kelestarian warisan sejarah masa lampau tetap terjamin," ungkap Mardison.

Saat ini, kata Mardison lagi, banyak destinasi wisata yang ditunjang dengan 3 A-nya, yakni aksesibilitas dan amenitas tetapi kita kurang atraksi. Kerena itu pada kesempatan ini dibutuhkan suatu lembaga untuk menampung semua itu dalam wadah DKKP yang telah dikukuhkan," ulas Mardison.

baca juga: Cegah Pelanggaran Pilkada, Pemuda di Pariaman Buat Video Edukasi

Dikatakannya, tugas utamanya dari pengukuhan itu untuk memantau setiap denyut nadi kehidupan seni-budaya, membina dan mengajak para seniman untuk memikirkan berbagai hal dalam konteks kesenian dan kebudayaan.

Mardison berharap, DKKP mampu menjadi wadah untuk pelaku seni dan budaya memalui berbagai aktivitas serta kreativitas mereka. Ia juga berharap kepada seluruh elemen masyarakat Kota Pariaman khususnya para seniman, budayawan dan penggiat seni untuk terus melestarikan kesenian daerah dan membudayakan nilai-nilai agama dan adat dalam kehidupan sehar-hari sesuai filsafah Minangkabau.

baca juga: 1.602 Anggota KPPS dan Petugas TPU Kota Pariaman Ikuti Rapid Test COVID-19

Sementara itu, Ketua Umum DKKP terpilih Jasri Umar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pariaman yang telah mendukung DKKP untuk kembali mengemban tugas dengan baik.

"Alhamdulillah DKKP untuk peroide 2020 - 2025 telah dikukuhkan. Ini menjadi tugas yang cukup berat untuk dilaksanakan. Namun dengan kebersamaan dan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Pariaman , kami DKKP yakin akan mengemban tugas dengan baik sehingga kesenian Kota Pariaman akan bisa dikenal lagi baik tingkat Nasional maupun Internasional," ungkapnya.

Menurutnya, di era globalisasi ini media sosial mempunyai pangaruh besar. Begitupun dalam kesenian. Kesenian tradisional Kota Pariaman keberadaannya semakin memudar sehingga generasi muda saat ini nyaris kurang mengenal kebudayaan asli daerah. Ini merupakan salah satu tugas DKKP untuk tetap bahu membahu mendata potensi kesenian daerah.

"Kesenian Kota Pariaman memiliki keunikan dan bila dikelola dengan baik akan dapat menjadi daya tarik tersendiri sehingga dapat lebih mengenalkan Kota Pariaman . DKKP akan tetap dan terus memunculkan karya-karya berkelas internasional," kata Ketua Umum DKKP itu.

Penulis: Rehasa | Editor: Haswandi