Tangkap 2 Pelaku, Polres Lima Puluh Kota Amankan 135 Kilogram Ganja

Dir Resnarkoba Polda Sumbar Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro didampingi Wadir Reserse Narkoba AKBP Fery Herlambang, Kapolres Lima Puluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso, dan Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira
Dir Resnarkoba Polda Sumbar Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro didampingi Wadir Reserse Narkoba AKBP Fery Herlambang, Kapolres Lima Puluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso, dan Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira (Ade Suhendra)
LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF -

Polres Lima Puluh Kota kembali catatkan penangkapan besar dalam kasus narkoba jenis ganja . Kali ini Satres Narkoba Polres Lima Puluh Kota berhasil mengamankan 135 paket besar ganja yang diperkirakan memiliki berat 135 kilogram.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sumbar Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro didampingi Wadir Reserse Narkoba Polda Sumbar AKBP Fery Herlambang mengatakan selain ratusan paket besar ganja , juga diamankan 3 paket kecil sabu-sabu. Ia menjelaskan penangkapan berawal dari informasi masyarakat bahwa ada penyalahgunaan narkotika di Kenagarian Jopang Manganti, Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota.

baca juga: Simpan 8 Paket Sabu di Lemari, Seorang Pemuda Dibekuk Polres Tanah Datar

"Sebelumnya pada Rabu 28 Oktober 2020 dinihari sekitar pukul 01.00 WIB, ditangkap tersangka RS dan YFA di Kenagarian Jopang Manganti dan kami berhasil mengamankan 3 paket kecil sabu dan satu paket ganja kering, serta uang sebesar Rp600 ribu dan dua unit telepon genggam," ujar Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro bersama Kapolres Lima Puluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso dan Kapolres Payakumbuh Alex Prawira.

Setelah melakukan penangkapan tersebut, Satres Narkoba Polres Lima Puluh Kota yang dipimpin Iptu Hendri Has melakukan pengembangan. Lebih lanjut, Direktur Reserse Narkoba Polda Sumbar menambahkan hasil dari pengembangan tersebut didapatkan informasi bahwa RS baru saja mendapat kiriman ganja dari wilayah Aceh yang mengarah ke rumah tersangka di Kenagarian Taeh Bukik dan merupakan wilayah hukum Polres Payakumbuh.

baca juga: Satu-Satunya Kepala Daerah, Irfendi Arbi Jadi Tokoh Inspiratif Keterbukaan Informasi Publik

"Setelah mendapatkan dukungan dari Polres Payakumbuh ditambah dengan hadirnya perangkat nagari, pihak kepolisian langsung melakukan penggeledahan di wilayah rumah tersangka RS. Bersyukur, dari penggeledahan tersebut ditemukan narkotika jenis ganja kering sebanyak tiga karung setengah dengan jumlah keseluruhan sebanyak 135 paket besar yang masing-masing paket dibalut dengan lakban kuning dan diperkirakan masing-masing paket memiliki berat satu kilogram," katanya.

Menurutnya, pihak kepolisian terus melakukan pengembangan karena masih ada dua yang ditetapkan DPO yaitu E dan Y yang berperan dalam mendatangkan barang haram tersebut. Atas perbuatannya, kedua tersangka akan dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman seumur hidup.

baca juga: Bawaslu Lima Puluh Kota Sebut Paslon Punya Kecenderungan Melibatkan ASN dan Wali Nagari

"Dalam upaya pemberantasan ini, butuh kerja sama seluruh pihak karena memang ini sudah menjadi tanggung jawab bersama agar dapat menjauhkan anak, kemenakan dan cucu dari jerat narkoba ," ujar Direktur Reserse Narkoba Polda Sumbar didampingi Kasat Resnarkoba Lima Puluh Kota Iptu Hendri Has dan Kasat Resnarkoba Polres Payakumbuh Iptu Desneri.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi