KPU Solsel: Laporkan Jika Ada Anggota KPPS Terindikasi Tidak Netral

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

SOLSEL KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Solok Selatan ( Solsel ) mempersilahkan masyarakat memberikan masukan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) jika ada diantara anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara ( KPPS ) yang direkrut terindikasi Diduga mendukung salah satu calon.

Hal disampaikan Komisioner KPU Solsel Divisi pendidikan pemilih partisipasi masyarakat dan sumber daya manusia Andi Andrawan Putera Sabtu 30/10.

baca juga: Satu Calon Gubernur Sumbar Tersangka, KPU Tegaskan Hal Ini

Dia mengungkapkan untuk KPPS pihaknya merekrut sebanyak 3227 orang, atau tujuh orang per Tempat Pemungutan Suara (TPS) dikali 461 TPS.

"Kami telah melakukan seleksi dengan sangat ketat, namun tidak memungkiri terjadinya human error, Sehingga Kami sangat membutuhkan tanggapan dan masukan masyarakat terhadap KPPS yang kami rekrut," katanya

baca juga: KPU Akan Datangi Pasien Covid untuk Pilkada, Ahli Sebut Memperburuk Keadaan

Andi melanjutkan untuk memberikan tanggapan dan masukan terhadap KPPS tersebut dapat dilakukan sejak 26 oktober sampai dengan 1 november 2020.

"Masyarakat silahkan berikan tanggapan dan masukan terhadap KPPS yang direkrut ke PPS setempat, jika terbukti maka anggota KPPS yang direkrut tersebut langsung diganti," katanya.

baca juga: 26 Orang Petugas TPS di Pariaman Diganti karena Dinyatakan Reaktif

Dia menambahkan partisipasi masyarakat dalam memberikan tanggapan dan masukan terhadap KPPS yang direkrut sangat dibutuhkan demi terselenggaranya Pemilu yang berkwalitas.

"Jangan ragu untuk menyampaikan jika ada diantara KPPS yang direkrut tersebut diduga atau terbukti menjadi tim sukses yang mendukung salah satu calon," katanya.

baca juga: 3.814 Dugaan Pelanggaran Pilkada, 112 Dugaan Tindak Pidana Masuk Tahap Penyidikan

Penulis: Kamisrial | Editor: Eko Fajri