Sungai Meluap, Akses Antar Kampung di Kambang Utara Pessel Lumpuh Total Terendam Banjir

Kondisi banjir di sebagian titik pukul 18.30 WIB
Kondisi banjir di sebagian titik pukul 18.30 WIB (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL, KLIKPOSITIF- Sungai meluap, sejumlah kampung di Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat dilanda banjir, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Informasi yang diterima KLIKPOSITIF, selain hujan setempat, luapan sungai juga dipicu akibat adanya hujan lebih awal dari hulu sungai. Hingga membuat banjir datang secara tiba-tiba.

"Cukup mengkhawatirkan, karena banjir secara tiba-tiba. Tapi, alhamdulillah sekarang sudah mulai surut," ungkap Gusti (29) salah seorang warga yang rumah sempat terendam banjir.

Banjir mulai merendam nagari itu sekitar pukul 16.00 WIB, setelah setengah jam diguyur hujan.

Selain merendam rumah, banjir mengakibatkan akses antar kampung lumpuh total. Banjir menghambat akses jalan mencapai setinggi pinggul orang dewasa dan tak bisa dilalui kendaraan, terutama roda dua.

Di antaranya, Kampung Lubuk Sarik, Ganting Kubang dan Kampung Akat."Tidak bisa dilalui, karena airnya ada mencapai setinggi pinggul," terangnya.

Sementara Epi salah seorang pengendara yang terjebak banjir mengaku, hingga pukul 20.30 WIB masih menunggu banjir benar-benar surut, sebelum melanjutkan perjalanan.

Sebab, saat ditemui KLIKPOSITIF, ia mendapat informasi kondisi banjir sejumlah titik masih terbilang tinggi, dan sulit untuk dilalui.

"Masih memastikan benar-benar surut, soalnya di sini rata-rata banjirnya cukup deras,"

Hingga berita ini diturunkan, banjir telah mulai surut. Namun, sejauh itu KLIKPOSITIF belum mendapat informasi tentang kerugian akibat bencana banjir ini.

Baca Juga

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani