Tim Gabungan Yustisi Pessel Sasar Objek Wisata, 43 Orang Pengunjung dan Masyarakat Disanksi Lakukan Hal Ini

Sejumlah pengunjung dan masyarakat di objek wisata Mandeh disanksi bersih-bersih usai terjaring yustisi
Sejumlah pengunjung dan masyarakat di objek wisata Mandeh disanksi bersih-bersih usai terjaring yustisi (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Sebanyak 43 orang pengunjung dan masyarakat di kawasan objek wisata Mandeh terjaring operasi yustisi, Sabtu, 31 Oktober 2020. Mereka yang terjaring tidak memakai masker, disanksi menyapu fasilitas umum.

"Kepada pelanggar diberi sanksi kerja sosial menyapu di fasilitas umum," ungkap Kadispol PP-Damkar, Dailipal sebagai Sekretaris Satgas Pengendalian dan Penanganan COVID-19 Pessel .

baca juga: Silaturahmi Paslon RA-Rudi di Painan Dipadati Massa

Sebelumnya, dalam pelaksanaan operasi sudah dilakukan sosialisasi melalui surat edaran Bupati tentang pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru Aspek Ekonomi di Bidang Pariwisata, terutama pada pengusaha rumah makan dan pelaku objek wisata.

Ia menjelaskan, pelanggar didominasi masyarakat setempat, sedangkan pengunjung hanya sebagian kecil. Operasi dilakukan, guna memastikan penerapan protokol kesehatan penanganan bagi pengunjung, terutama saat libur panjang akhir bulan ini.

baca juga: Pandemi Covid-19, Irwan Prayitno Minta Perkuat Sinergitas Pemulihan Ekonomi

"Tim tergabung dari Pol PP- Damkar, Dinas Perhuhungan, Kominfo, Humas, Kodim, Kepolisian, Pos Denpom, anggota TNI AL dan unsur terkait lain," terangnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya tim gabungan juga telah melakukan operasi yustisi di sejumlah pasar seperti Pasar Sago, Pasar Baru, Pasar Painan, Pasar Tarusan, dan di Pasar Asam Kumbang.

baca juga: Vaksin Covid-19 Tidak Diprioritaskan Bagi Ibu Hamil dan Anak, Kenapa?

"Secara keseluruhan selama operasi total masyarakat yang terjaring sebanyak 235 orang," katanya.

Diharapkan operasi yustisi dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," ucapnya.

baca juga: Minggu Depan, Inggris Vaksinasi dengan Pfizer

Pendisiplinan protokol kesehatan perlu dilakukan mengingat jumlah kasus positif terus bertambah, hingga hari ini jumlah kasus positif 465 orang.

Lebih parah lagi, katanya, angka kematian pasien COVID-19 pun bertambah di daerah ini tiap Minggunya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani