Kena Tipu, Seorang Dokter Beli Lampu Aladin Rp 610 Juta

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Seorang dokter di India melapor ke polisi karena ditipu lebih dari Rp 610 juta setelah membeli lampu ajaib Aladin. Dokter yang diketahui bernama LA Khan mengajukan pengaduan ke polisi setempat pada 25 Oktober lalu.

Dia menjelaskan secara rinci bagaimana dia telah ditipu oleh orang-orang yang sekarang ditangkap - Ikramuddin dan Anees. Dua lelaki ditangkap di bagian barat Uttar Pradesh, Meerut, India. Kedua lelaku itu awalnya menawarkan lampu Aladin itu seharga$200,000 atau sekitar Rp2,9 miliar. Namun mereka akhirnya sepakat di harga $41,600 atau sekitar Rp 610 juta lebih.

baca juga: Sikapi Sengketa Pertanahan Antara Masyarakat dengan Perusahaan, Ini Langkah Bupati Pasbar

Menurut dokter yang ditipu, para penipu itu berhasil memanggil "jin" dari lampu untuk meyakinkan korbannya. Sang dokter menjelaskan dia pertama kali bertemu mereka ketika merawat seorang perempuan yang mereka gambarkan sebagai "ibu mereka yang sakit".

"Saya mengunjungi rumah mereka untuk merawat ibu yang mereka. Kunjungan berlanjut selama lebih dari sebulan. Lambat laun mereka mulai bercerita tentang seorang baba (dewa) yang mereka klaim juga mengunjungi rumah mereka. Mereka mulai mencuci otak saya dan meminta saya untuk bertemu dengan baba ini," kata Dr Khan dilansir laman NDTV, Minggu (1/11/2020).

Dokter mengatakan, dia bertemu dengan dewa yang datang setelah dilakukan ritual. "Akhirnya kelompok ini memberi tahu saya bahwa mereka akan menjual 'chirag (lampu)' seharga 1,5 crore tetapi saya hanya dapat menawarkan uang muka 31 lakh. Mereka mengatakan kepada saya bahwa lampu ini akan membawa kekayaan, kesehatan, dan keberuntungan. Mereka mengatakan ini adalah 'Aladdin ka chirag' (lampu Aladdin)," tambah Dr Khan.

baca juga: Moeldoko Jadi Ketum Demokrat Versi KLB Deli Serdang, Jadi Masalah Hukum Jika Didaftarkan ke Kemenkumham

"Sekali muncul 'Aladdin' di depan saya. Saya tidak tahu siapa orang ini saat itu. Saya kemudian menyadari (salah satu) terdakwa berpakaian seperti 'Aladdin'," katanya.

Visual dari kantor polisi tempat pengaduan diajukan, menunjukkan dua lelaki yang ditangkap dan lampu besar berwarna keemasan (atau 'chirag') yang telah disita oleh polisi. "Kami telah menemukan bahwa lelaki yang sama pergi ke rumah lain di kota juga menipu banyak keluarga atas nama 'tantra vidya'. Kami telah menemukan keterlibatan tiga orang sejauh ini. Dua telah ditangkap. Seorang perempuan masih dalam pengejaran," kata Amit Rai, seorang pejabat senior polisi Meerut.

baca juga: KPK Sita Rumah Milik Mantan Staf Khusus Edhy Prabowo

Editor: Ramadhani