Diduga Masih Gunakan Sistem Karcis, Dinas Perdagangan Padang Periksa Petugas Lapangan

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Andre Algamar
Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Andre Algamar (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF-- Dinas Perdagangan Kota Padang memeriksa seorang petugas yang diduga masih memberlakukan sistem karcis dalam penarikan retribusi di Pasar Alai yang merupakan salah satu pasar tradisional didaerah itu, padahal sejak beberapa bulan terakhir pemerintah daerah tersebut telah menggubah sistemnya menjadi elektronik dengan menggandeng Bank BRI.

"Untuk petugas yang masih menggunakan karcis sedang kami periksa," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Andre Algamar, Senin 2 November 2020.

Ia mengatakan, petugas yang masih melakukan pemungutan menggunakan karcis tersebut masih belum mengerti tentang sistem yang telah diterapkan sejak tiga bulan yang lalu itu.

"Petugas kami ini masih belum terlalu memahami sistem pemungutan retribusi yang baru kami terapkan ini," lanjutnya.

Ia mengklaim bahwa tidak ada kebocoran PAD dengan pemungutan retribusi di Pasar Alai menggunakan karcis tersebut.

Sebelumnya, beredar foto terkait pemungutan retribusi di Pasar Alai menggunakan karcis dengan jumlah tertera sebanyak Rp1500, sementara yang dipungut sebesar Rp5000.

Menurutnya,pembayaran tersebut disesuaikan dengan luas kios atau meja batu. Jika luas meja batu yang bersangkutan 1-1,5 M dikalikan seluas meja jadi pembayaran retribusinya menjadi Rp5.000.

"Namun, untuk pembayaran pakai karcis sudah tidak digunakan lagi, karena sudah menggunakan elektronik dengan menggandeng Bank BRI untuk Pasar Alai sejak dua bulan lalu," tutupnya.

Baca Juga

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri

Komentar

Berita Lainnya

Video Terbaru