Menkeu Tekankan SDM adalah Aset Paling Berharga Suatu Negara

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Sumber daya manusia ( SDM ) adalah aset yang paling berharga dari suatu negara, suatu institusi, suatu korporasi dan juga suatu keluarga.

Di tingkat korporasi, korporasi yang memiliki SDM yang bagus diharapkan makin bisa kompetitif melihat perubahan, meningkatkan dan kemudian bisa menjadi juara di bidang industrinya. Jika negara memiliki sumber daya manusia yang baik maka kita akan memiliki sebuah negara yang kuat.

baca juga: Pemerintah Akan Terapkan Teknologi 3D Printing Untuk Pembangunan Rumah

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam diskusi panel pada sesi Ministerial Talk Studium Generale 2020 Penerima Beasiswa LPDP melalui video conference.

"Dengan sumber daya manusia yang hebat kita bisa berinovasi, berkreasi, tidak hanya mencari kerja tapi bisa menciptakan lapangan kerja yang kompetitif, yang produktif. Kalau kita menggunakan teori pertumbuhan ekonomi itu biasanya kita menggunakan faktor produksi labour dan capital, tapi labour dan capital itu kalau dicombine untuk meningkatkan produktivitas adalah biasanya dengan teknologi dan kemampuan untuk bisa meningkatkan produktivitas. Labour dan capital sangat tergantung pada kualitas SDM nya. Jadi mau ke mana saja kita akan kembali mengatakan bahwa SDM itu penting, SDM itu esensial," tegas Menkeu.

baca juga: Jokowi: Hilirisasi Batu Bara Akan Tekan Impor Elpiji dan Menghemat APBN Puluhan Triliun Rupiah

Kualitas SDM juga merupakan salah satu hal yang strategis dan yang menjadi concern sekarang adalah bagaimana mengaktualisasikan SDM yang penting itu menjadi sesuatu policy, menjadi suatu aktivitas, menjadi program, menjadi kegiatan yang betul-betul menghasilkan. Disamping itu, juga diperlukan memperbaiki ekosistemnya guna menunjang pembangunan SDM yang berkualitas tersebut.

"Ekosistemnya itu tidak hanya di perguruan tinggi saja atau di sekolah, tapi ekosistem yaitu kondisi ekonomi yang baik, ease of doing business, kesempatan terbuka, demokratisasi semua orang bisa maju, yang berasal dari keluarga yang tertinggal kita berikan afirmasi supaya dia bisa mengejar. Itulah yang disebutkan sebagai pemihakan kepada peningkatan kualitas SDM ," tutup Menkeu.

baca juga: Pentingnya Perlindungan Kekayaan Intelektual Bagi Pelaku Industri

Sebagai keterangan, Studium Generale LPDP Tahun 2020 merupakan sebuah rangkaian kegiatan dalam rangka memberikan rangka kekuatan pola pikir dan juga semangat nasionalisme serta internalisasi nilai-nilai dan jati diri bangsa serta penanaman komitmen dan juga motivasi untuk pengabdian kepada negeri. Selain itu acara tersebut juga sebagai pembekalan rangkaian kegiatan bagi seluruh penerima beasiswa LPDP. Kegiatan yang bertajuk Reka Cipta Generasi Muda Menuju Indonesia Emas ini diawali dengan Presidential Address oleh Presiden Republik Indonesia kemudian dilanjutkan sesi Ministerial Talks bersama Menko PMK , Menteri Keuangan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Editor: Eko Fajri