Pemkab Tanah Datar Dorong UMKM Ciptakan Lapangan Kerja

Darfizal, Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar
Darfizal, Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terus mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ( UMKM ) untuk meningkatkan perekonomian hingga mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

"Untuk itu kita terus melakukan berbagai pelatihan kewirausahaan bagi UMKM yang sudah berkembang maupun yang baru," ucap Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar Darfizal di Batusangkar, Rabu 4 November 2020.

baca juga: KPU Tanah Datar Evaluasi Penyelenggaraan Pilkada 2020

Ia menyebut di Tanah Datar ada sekitar 48 ribu UMKM , bila minimal 3 atau 4 orang saja setiap UMKM menyerap tenaga kerja, maka banyak pengangguran yang bisa bekerja.

"Maka dari itu tentu potensi ini harus kita dorong bersama, karena berkontribusi untuk penurunan angka pengangguran dan kemiskinan," tutur Darfizal.

baca juga: Gedung Perpustakaan Umum Tanah Datar Diresmikan, Pemkab Diminta Buat Program Pojok Baca Digital

Namun, jelas Darfizal, dalam memulai usaha, para pelaku usaha akan mengalami berbagai permasalahan seperti keterbatasan modal, belum miliki izin usaha, pengetahuan pembukuan yang masih minim sampai belum bisa lahirkan inovasi terbaru.

"Untuk permasalahan modal, sebenarnya dapat diatasi dengan kreativitas dan kemauan untuk memanfaatkan peluang, seperti menjadi reseller produk tertentu. Kemudian pemerintah juga telah membantu untuk UMKM , walau tidak besar namun ketika dimanfaatkan memang untuk modal usaha tentu sangat terasa manfaatnya," ujar Darfizal. (*)

baca juga: Miliki Harga Jual Jutaan Rupiah per Kilogram, Begini Tips Tanam Emas Hijau di Rumah

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi