Amerika Berencana Memvaksinasi Warganya dengan Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer pada Desember

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

KLIKPOSITIF - Pemerintah Amerika berencana memvaksinasi warganya dengan vaksin Covid-19 buatan Pfizer pada bulan Desember . Menyadur ABC News pada Rabu (11/11), Dr Fauci juga akan menerima vaksin tersebut.

Pakar penyakit menular dan tokoh medis paling tepercaya di Amerika Serikat, Anthony Fauci dan Menteri Kesehatan Alex Azar mengatakan kelompok prioritas tinggi akan menjadi yang pertama menerima vaksin .

baca juga: Presiden Bagi-Bagi Nasi, Refly Harun: Saya Bisa Katakan Ini Kerumunan, Tapi.....

Pfizer berharap pekan depan pihaknya sudah mengantongi data keamanan yang diperlukan untuk mengajukan izin penggunaan darurat (EUA) dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

Setelah mendapat otoritas FDA, Amerika Serikat akan menerima sekitar 20 juta dosis vaksin Pfizer setiap bulan.

baca juga: Dokter Paru : Covid Itu Masih Jadi Fenomena yang Diselidiki Tim-tim Luar Negeri dan Juga di Indonesia

Amerika Serikat memiliki kontrak USD 1,95 miliar untuk 100 juta dosis vaksin Pfizer -yang diperkirakan cukup untuk menginokulasi 50 juta orang dengan opsi untuk memperoleh 500 juta lebih.

Sementara itu, Dr Fauci mengatakan pihaknya akan menerima vaksin yang sama dari Pfizer jika FDA sudah menyetujuinya.

baca juga: Karena Hal Ini, 20.154 Tenaga Kesehatan di Indonesia Tidak Bisa Diberikan Vaksin Tahap I

"Saya akan melihat datanya, tapi saya mempercayai Pfizer . Saya mempercayai FDA. Ini adalah kolega saya selama beberapa dekade, ilmuwan karier," katanya.

"Jika mereka melihat data ini dan mereka mengatakan data ini solid, mari kita lanjutkan dan setujui, saya berjanji, saya juga akan divaksin dan saya akan merekomendasikan keluarga saya mengambil vaksin itu."

baca juga: Positif COVID-19, Doni Monardo Tetap Melakukan Aktivitas Jalan Kaki Sejauh 8 Kilometer

Pemerintah AS merekomendasikan lansia di panti jompo dan beberapa fasilitas bantuan pemerintah sebagai prioritas penerima vaksin dan menyelesaikan suntikan tersebut pada bulan Januari 2021.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) vaksin COVID-19 tersedia pada akhir tahun dan obat eksperimental Pfizer sangat menjanjikan.

"Seperti yang telah kami prediksi, kami akan mendapatkan vaksin pada akhir tahun ini. Dan vaksin Pfizer sangat menjanjikan," kata Tedros pada pertemuan tingkat menteri tahunan WHO.

Sayangnya, vaksin ini harus disimpan pada suhu minus 70 derajat Celcius atau setara dengan musim dingin di Antartika.

Sumber : suara.com

Editor: Haswandi